JK: Recall Lily Wahid dan Gus Choi Tak Tepat

Wapres Jusuf Kalla Membereskan Mejanya
Sumber :
  • ANTARA/Saptono

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap proses pencopotan atau recall anggota Fraksi PKB di DPR Lily Wahid dan Effendi Choirie tidak tepat.

"Sekarang kan DPR dipilih berdasarkan suara terbanyak, mestinya recall lebih sulit. Kalau hanya masalah internal harusnya tidak boleh di-recall," kata JK di Jakarta, Rabu 30 Maret 2011.

Menurutnya, recall itu bisa dilakukan apabila yang bersangkutan terbukti melakukan kesalahan struktural, seperti pindah keorganisasian partai politik. Namun jika untuk perbedaan pendapat recall tidak dibenarkan.

"Sehingga harus dicermati masalah recall itu tetap ada kalau kesalahan struktural tapi kalau beda pandangan ya tidak boleh, karena dipilih langsung oleh rakyat," terangnya.

Disamping itu, Undang-Undang Politik saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kini, lanjut JK, calon anggota DPR berjuang sendiri memperoleh suara terbanyak agar bisa jadi anggota DPR.

"Kalau dulu ketua partai berjasa memberikan nomor urut dan tempat di DPR, tapi kalau sekarang mereka sendiri berjasa untuk jadi anggota DPR, itu bedanya UU dulu dan sekarang," tegasnya.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024