SBY: RI Sasaran Investor Setelah Australia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Indonesia merupakan negara kesembilan yang dilirik investor dunia. Posisi Indonesia berada di atas Kanada, Vietnam, dan Meksiko.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

SBY menyebutkan, negara yang paling dilirik investor secara berurutan yaitu Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil, Rusia, Inggris, Jerman, dan Australia.

"Ke-9 Indonesia. Kemudian setelah Indonesia ada Kanada, Vietnam, Meksiko, dan Polandia, " kata Presiden dalam pidatonya di Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat, 1 April 2011.

Menurut Yudhoyono, ada beberapa hal yang membuat Indonesia diminati oleh investor tersebut. Beberapa alasannya adalah potensi dan pertumbuhan pasar yang besar. Pendapatan per kapita penduduk Indonesia sudah US$3.000, sedangkan kalangan kelas menengah meningkat. "Ini adalah kekuatan pasar" ujarnya.

Selain itu, Indonesia memiliki akses terhadap sumber daya alam yang cukup kuat. Hal itu juga didukung oleh tenaga kerja terampil, dengan usia produktif yang cukup besar dari seluruh populasi penduduk sebesar 240 juta orang.

Terkait hal tersebut, --dunia usaha, utamanya Kadin-- SBY melanjutkan, harus memiliki investasi di negeri sendiri terlebih dahulu. Hal itu agar tercipta industri Indonesia yang menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pengusaha juga harus bisa memanfaatkan berbagai peluang kesempatan bisnis di Indonesia. (art)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024