Cilacap Pulih. Ada Korban Jiwa?

Peta zona rawan bencana di Jawa Tengah
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id

VIVAnews - Situasi Kota Cilacap, Jawa Tengah berangsur pulih, tak terlihat lagi kepanikan paska gempa 7,1 Skala Richter yang mengguncang dini hari tadi, Senin, 4 April 2011. Kendaraan melaju tenang di jalanan kota, warga yang sempat mengungsi menenteng barang bawaan mereka, pulang ke rumah.

"Warga sudah pulang ke rumah. Kabupaten dan masjid agung yang sebelumnya jadi lokasi evakuasi ribuan warga, sudah kosong," kata warga Cilacap, Krisnarto.

Diceritakan dia, Pemerintah Daerah Cilacap relatif tanggap mengatasi warga yang panik dan khawatir gelombang gergasi tsunami bakal menggulung kota mereka. "Semua pintu kabupaten dan pintu masjid agung dibuka lebar-lebar, warga dibolehkan masuk."

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polres Cilacap, Kompol Widiantoro mengatakan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan serius.

"Untuk kota Cilacap, saya sudah cek ke seluruh jajaran Polsek di wilayah pantai, belum ditemukan kerusakan. Yang terjadi, warga berusaha mengungsi, tapi sudah diimbau kembali, karena BMKG menyatakan ancaman tsunami berakhir," kata dia.

Saat ini, tambah dia, polisi dikerahkan untuk mengamankan lalu lintas, mengantisipasi arus balik warga pengungsi yang kembali. "Tadi dinas sudah mengumumkan agar warga yang mengungsi segera kembali."

Selain mengamankan gempa, Kepolisian Cilacap kini sedang sibuk mengamankan kebakaran tangki di kilang Pertamina RU IV Cilacap.

Gempa yang mengguncang pukul 03.06 WIB membuat panik warga Cilacap. Sesaat setelah lindu mengguncang dan ancaman tsunami dikeluarkan, warga berlarian ke luar rumah, menuju gedung tinggi atau alun-alun kota Cilacap.

Kendaraan--mobil, bus, dan sepeda motor--melaju kencang di jalan raya, menuju arah utara, ke kawasan Jeruk Legi yang lebih tinggi dan direkomendasikan pemerintah untuk jalur evakuasi.

Sebagian warga menuju Pantai Teluk Penyu, mengecek kondisi air laut atau ke Kantor BKMG Cilacap untuk memantau situasi. Seruan "alhamdulillah" menggema di kota ini saat BMKG menyatakan: ancaman tsunami telah berakhir. (kd)

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024