Rekonstruksi Sleman Tunggu Musim Kemarau

Lahar dingin Merapi mengalir di Kali Kuning, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan bangunan yang rusak seperti jembatan belum akan dibangun secara permanen di saat musim hujan ini.

"Selama berlangsung musim penghujan, jembatan di lereng Merapi, Sleman, belum akan dibangun secara permanen, pasalnya jika dibangun maka hasilnya tidak kokoh dan kuat," kata Sultan, Selasa, 5 April 2011

Menurut Sultan, anggaran untuk pembangunan jembatan yang rusak akibat banjir lahar dingin telah tersedia diĀ  Kementerian Pekerjaan Umum, hanya saja untuk pengerjaannya tidak sekarang. "Kalau dikerjakan sekarang dan jembatan rusak lagi, saya nanti ditertawakan orang," ujar penguasa Kasultanan Yogyakarta itu.

Sultan juga menyatakan perhubungan dua wilayah yang terputus akibat jembatan rusak untuk sementara dengan jembatan darurat atau bailley. ''Memang lebih baik pakai bailley, jangan yang permanen dulu. Wong masih banyak lahar dingin yang turun. Kalau sudah kemarau itu masalahnya lain,'' ujar Sultan.

Sementara dengan kondisi anggaran Kabupaten Sleman yang sudah habis untuk menangani korban erupsi dan baniir lahar dingin, Gubernur minta agar Pemkab mengajukan permintaan dana ke BNPB melalui Pemprov DIY. ''Karena memang harus direkomendasi provinsi. Sampai saat ini saya belum menerima surat dari Sleman. Berarti ya belum ada pengajuan,'' katanya.

Laporan Juna Sanbawa | Yogyakarta

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat
Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

TikTokers Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama Islam. Ia terancam 6 tahun penjara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024