6-4-94: Presiden Rwanda dan Burundi Tewas

Juvenal Habyarimana
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 17 tahun yang lalu, presiden Rwanda dan Burundi tewas saat pesawat yang mereka tumpangi jatuh di ibukota Rwanda, Kigali. Juvenal Habyarimana (Rwanda) dan Cyprian Ntayamira (Burundi) termasuk dari sepuluh orang yang menumpang pesawat naas itu.

Menurut stasiun berita BBC, muncul dugaan bahwa kedua pemimpin itu sengaja dibunuh karena pesawat mereka kemungkinan terkena tembakan roket. Kedua presiden saat itu dalam perjalanan pulang dari pertemuan para pemimpin Afrika bagian timur dan tengah yang berlangsung di Tanzania untuk membahas upaya mengakhiri kekerasan etnis di Rwanda dan Burundi.

Pasalnya, Rwanda dan Burundi masih bermasalah dengan konflik antara etnis mayoritas Hutu dengan kaum minoritas Tutsi, yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Pembunuhan kedua presiden itu memperparah situasi. Sejak saat itu, sebanyak 100.000 orang di Burundi tewas. Banyaknya korban tewas akibat konflik etnis juga terjadi di Rwanda sehingga Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa turun tangan mengatasi pertikaian itu.   

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024