Lagi, Anak Usaha Indofood Siap Masuk Bursa

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kelompok bisnis Indofood kembali mencatatkan salah satu saham anak usahanya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setelah menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) PT Indofood CPB Sukses Makmur Tbk, kali ini induk perusahaan yang terkenal dengan produk mi instannya itu bakal melepas saham PT Salim Ivomas Pratama.

Otoritas bursa mengaku telah memberikan pernyataan pra efektif dan perusahaan tinggal melayangkan pendaftaran efektif kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

"Rencana IPO Salim Ivomas diperkirakan sekitar Juni," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, di Jakarta, Rabu, 6 April 2011.

Menurut Eddy, saham Salim yang akan dilepas pada publik mencapai 20 persen. Dana hasil penawaran umum saham itu direncanakan untuk kegiatan ekspansi usaha Salim.

Sayangnya, Eddy belum bersedia menjelaskan target perolehan dana dari hasil IPO anak usaha Indofood yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit tersebut. "Belum bisa kami ungkapkan sekarang," kata Eddy.

Untuk memperlancar rencana perusahaan melantai di BEI, Salim Ivomas telah memberikan mandat kepada PT Kim Eng Securities Indonesia, Deutsche Bank Securities, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai perusahaan penjamin emisi dalam rencana IPO ini.

Di samping IPO Salim Ivomas, otoritas bursa juga tengah memproses rencana pelepasan saham PT Visi Media Asia atau yang dikenal sebagai Viva Media Group sebesar 20 persen. Visi Media Asia didirikan pada 2008 dan saat ini mengelola stasiun televisi antv dan tvOne serta portal berita VIVAnews.com.

Viva Media Group telah menunjuk PT Ciptadana Securities sebagai pelaksana penjamin emisi saham. "Rencana IPO Viva sudah masuk, tapi belum ada mini expose, mungkin minggu ini akan diadakan," kata Eddy. (art)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024