Menteri Cek Kabar Al Amin Keluar Penjara

Al Amin Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengaku tak tahu ada kabar terpidana suap Al Amin Nasution keluar penjara. Al Amin adalah terpidana 8 tahun dalam kasus alih fungsi hutan kawasan hutan lindung Tanjung Pantai Air Telang. Rencananya, hutan lindung itu akan dibangun di Pelabuhan Tanjung Api-api.

"Saya cek dulu. Tapi tidak bisa (keluar) kalau tidak ada alasannya. Alasan yang diizinkan hanya sakit dan mengunjungi keluarga," kata Patrialis di Kantor Presiden, Rabu 6 April 2011. Patrialis menjawab kabar yang menyebutkan Al Amin berada di sebuah pondok pesantren di Jakarta.

Semula, Patrialis menyampaikan kemungkinan Al Amin sudah menerima pembebasan bersyarat. Patrialis lantas menelepon Dirjen Pemasyarakatan dan meminta klarifikasi mengenai kabar tersebut.

"Kalau (Al Amin keluar) tidak ada alasan, itu nekat. Pasti kami berikan sanksi ke kalapas juga pada yang bersangkutan," tambah Patrialis. Namun, Patrialis mendapat informasi dari bawahannya bahwa proses pembebasan bersyarat Al Amin belum turun karena masih di tahap pengajuan.

Menteri Patrialis lantas menjelaskan bahwa semua narapidana punya hak untuk mengunjungi keluarga dan biasanya diberi waktu selama tiga hari. "Jangan-jangan dia (Al Amin) sedang asimilasi. "Kalau asimilasi, dia pergi sendiri pulang sendiri."

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Al Amin tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 9 April 2008 di sebuah pub Hotel Ritz Carlton Jakarta bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Bintan Azirwan. KPK menyita uang senilai Rp4 juta saat penangkapan dan Rp 67 juta di mobil Al Amin.

Penyidik juga menemukan uang SGD $30 ribu dari Azirwan. Selain uang, ditemukan fotokopi hasil rapat Komisi Kehutanan DPR perihal persetujuan alih fungsi di Bintan. Azirwan sendiri sedang menjalani sidang. Dia divonis hukuman selama 2,5 tahun oleh majelis hakim. (umi)

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024