Kilang Cilacap Terbakar

BUMN Belum Berpikir Ganti Dirut Pertamina

Menteri BUMN Mustafa Abubakar
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan pihaknya hingga kini belum berpikir untuk mengganti posisi Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan, paska peristiwa kebakaran yang melanda Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap, Jawa Tengah.

"Yang paling penting kami atasi dulu api agar (benar-benar) padam," kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jalan Wahidin, Jakarta, Rabu, 6 April 2011.

Menurut Mustafa, perhatiannya saat ini terfokus pada upaya aparat di lapangan untuk memadamkan kebakaran yang melanda tiga tangki di kilang bahan bakar minyak (BBM) Cilacap. Apalagi, kemarin, api kembali berkobar di tangki 31 T-7 setelah sebelumnya sempat dinyatakan padam.

Api yang kembali berkobar kemarin dipastikan akibat angin kencang yang tiba-tiba bertiup, sehingga tangki BBM yang sudah padam terkena aliran panas dan menyebabkan api timbul lagi. Hal itu terjadi karena busa khusus (foam) di permukaan terbelah, sehingga api menyambar permukaan minyak.

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

Namun, pagi ini, api sudah tidak terlihat lagi di tangki 31 T-7 yang kemarin kembali menyala setelah sempat berhasil dipadamkan pada Selasa pukul 10.35 WIB.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Mochamad Harun,saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 6 April 2011, mengatakan, meski api sudah tidak terlihat lagi di tangki 31 T-7, penyempotan foam terus dilakukan Pertamina.

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bahkan, pendinginan di tangki-tangki di sebelahnya yakni tangki 32 T 104, serta tangki 31 T-2 dan 31 T-3 juga dilakukan. "Hal itu, untuk mencegah terjadinya kembali hal-hal yang tidak kami inginkan," ujarnya.

Mustafa memastikan, dirinya terus memantau perkembangan upaya pemadaman tangki 31 T-7 yang pagi ini dikhabarkan sudah padam. Pertamina juga sudah mengerahkan peralatan khusus yang diharapkan bisa mengatasi kemungkinan terjadinya kembali kebakaran.

Ketika ditanya mengenai penyebab kebakaran yang melanda kilang Cilacap, Mustafa mengatakan bahwa sampai saat ini pihak kepolisian dan forensik masih terus melakukan penelitian. "Kami belum bisa menyimpulkan. Tunggu saja dulu, nanti Pertamina juga (melakukan penyelidikan). Jadi, sudah berjalan paralel," katanya.

Sementara itu, mengenai kerugian dari kebakaran tersebut, Mustafa mengaku Pertamina saat ini sedang mempelajari nilai kerugian termasuk total tanggungan yang bisa ditanggung perusahaan asuransi.

Hingga saat ini, pasokan BBM tetap aman dengan ketersediaan stok yang berada di level normal. Terminal Lomanis juga masih beroperasi untuk memasok BBM ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. (art)

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman
Ilustrasi berdoa.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Majalah CEOWORLD telah mengumumkan hasil survei mengenai tingkat religiusitas di berbagai negara di dunia. Dari sepuluh negara teratas yang tercatat ini negara religius

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024