Uni Eropa Diminta Bailout Portugal

Euro
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Pemerintah Portugal meminta suntikan dana dari lembaga keuangan Uni Eropa (UE) untuk menutupi beban ekonomi yang tengah menimpa negara tersebut. Dengan ini, Portugal adalah negara ketiga di Eropa yang meminta dana talangan (bailout) kepada UE.

Seperti dilansir dari laman CNN, Rabu, 6 April 2011, pemerintah Portugal melalui Perdana Menterinya, Jose Socrates, mengumumkan bahwa pemerintahnya telah mengirimkan surat aplikasi permohonan bail out kepada UE. Sebelumnya, Yunani dan Irlandia telah lebih dulu menerima bail out setelah terguncang akibat krisis ekonomi. 

Socrates mengatakan bahwa permohonan bailout dari pihak luar ini adalah pilihan terakhir untuk mengatasi beban ekonomi pemerintah. "Saya kira kita telah mencapai saat dimana keputusan ini dianggap sangat perlu untuk mencegah resiko yang lebih parah," ujar Socrates.

Presiden Komisi Eropa UE, Jose Manuel Barroso, mengatakan telah mendapatkan informasi seputar permohonan Portugal tersebut. Dia mengatakan bahwa permohonan itu akan diproses sebagaimana mestinya.

Portugal adalah sebagian kecil dari negara-negara Eropa yang menderita krisis ekonomi. Utang Portugal terhadap investor adalah sebesar 4 miliar euro atau sekitar Rp49,5 triliun yang harus dibayarkan minggu depan. Pembayaran berikutnya sebesar 5 miliar euro atau Rp61,9 triliun harus dibayarkan pertengahan Juni.

Uni Eropa telah meramalkan hal ini sejak tahun lalu. Itulah sebabnya pada pertengahan 2010, UE mengumpulkan dana sebesar 440 miliar euro yang dibawah lembaga dana yang bernama Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa. Lembaga ini dibentuk untuk membantu perekonomian negara-negara anggotanya, serta memastikan stabilitas ekonomi di Eropa.

Sebelumnya, Yunani menerima bailout sebesar 110 miliar euro pada April tahun lalu, diikuti oleh Irlandia yang mendapatkan bailout sebesar 85 miliar euro pada November tahun lalu.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024
Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024