BPD Bantu Klub Sepak Bola Sebatas Sponsor

Kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Bank Pembangunan Daerah (BPD) menegaskan keikutsertaan mereka sebagai penyokong dana klub sepak bola nasional hanya dilakukan jika ada kaitannya dengan kegiatan promosi. Perbankan daerah itu bahkan secara tegas bakal menolak permintaan dari pemerintah daerah (Pemda) yang meminta bantuan pendanaan jika dianggap tidak memiliki nilai bisnis.

Seperti diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri telah menyepakati, pengucuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk klub sepak bola akan dihentikan pada 2012.

"Jika terkait kegiatan bola harus ditinjau terlebih dahulu keuntungannya," kata Direktur Utama Bank Sulut, Jeffry Wurangian, kepada VIVAnews.com ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 7 April 2011.

Menurut Jeffry, selama ini, keterlibatan Bank Sulut dalam mendukung tim sepak bola hanya sebatas menjadi sponsor dengan memperoleh kompensasi berupa pemasangan logo perusahaan pada spanduk dan kaos tim.

Namun, Jeffry menegaskan, Bank Sulut tidak pernah menyediakan pos anggaran khusus untuk membiayai kegiatan operasional klub sepak bola layaknya Pemda melalui APBD. "Kalau siapkan anggaran khusus untuk bola, tidak ada itu. Kalau bantu kegiatan ada," katanya.

Kalaupun klub bola atau Pemda meminta bantuan pendanaan kepada perbankan, Jeffry melanjutkan, manajemen bank harus melihat dulu konteks dana tersebut. Bahkan, untuk pos sumbangan bantuan pun, bank harus melihat lagi fungsi anggaran tersebut.

"Jika ada potensi bisnis buat kami, itu boleh-boleh saja. Ada kaitannya dengan kami, dan ada anggarannya. Karena ini uang masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan," kata dia.

Direktur Consumer Banking Bank Sulut, Tatang Sumarna, menambahkan, penggelontoran dana untuk klub-klub sepak bola yang dilakukan perbankan harus dilakukan melalui proses tertentu dan itu tidak mudah.

"Ada prosesnya dan tidak semudah itu, bagaimana pun sebuah lembaga tertentu menilai benefit-nya apa?" kata Tatang. (art)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024