Provinsi Mana Terbanyak Terima Laporan SPT?

Pelaporan SPT di Drop Box
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan melaporkan penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi tahun 2010 yang berakhir 31 Maret 2011 meningkat 30,2 persen menjadi 7.946.390 laporan. Setahun sebelumnya, jumlah laporan SPT yang diterima aparat pajak hanya sebanyak 6.111.727 laporan.

Dari total laporan SPT yang diterima Ditjen Pajak, Provinsi DKI Jakarta masih menjadi daerah dengan jumlah pelapor SPT terbanyak di antara provinsi lain di Indonesia dengan persentase mencapai 18,69 persen.

"Hal ini tidak terlepas dari banyaknya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta yaitu sebanyak 70 kantor dan drop box di tiap-tiap mal. Selain itu, jumlah wajib pajak yang berada di Jakarta juga banyak," kata Kepala Subdit Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemantauan, Liberti Pandiangan, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat 8 April 2011.

Selain DKI Jakarta, data Ditjen Pajak juga mengungkapkan jumlah laporan SPT cukup banyak yang diterima aparat Ditjen pajak berasal dari Jawa Barat dengan persentase 14,44 persen, Jawa Timur (13,32 persen), Jawa Tengah (10,80 persen), dan Banten (5,24 persen).

Ditjen Pajak juga menemukan masih adanya daerah yang masih rendah dalam hal pelaporan SPT PPh Orang Pribadi seperti terjadi di Kalimantan Barat sebesar 1,13 persen serta Papua dan Maluku sebesar 1,21 persen.

Menurut Liberti, rendahnya jumlah laporan SPT dari kedua daerah itu kemungkinan karena masyarakat terkendala dengan sarana transportasi untuk menyampaikan SPT.

Sebagai informasi, aparat Ditjen Pajak dalam melayani penerimaan SPT tahunan PPh sendiri membuka sekitar 331 KPP dan 207 Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) untuk daerah-daerah yang berada di luar jangkauan KKP untuk dapat melayani wajib pajak.

Liberti menegaskan, kendati sebagian daerah mencatat jumlah pelapor SPT terbesar di Indonesia, hal itu tidak mengindikasikan kepatuhan wajib pajak menyerahkan laporan pajaknya sudah tinggi. "Bisa saja wajib pajak yang terdaftar di daerah tertentu sedang melakukan perjalanan ke daerah lain dan di daerah tersebut menyerahkan SPT Tahunannya," jelas Liberti.

Ditjen Pajak juga menemukan kenyataan bahwa selama ini masyarakat lebih memilih penyerahan laporan SPT melalui lokasi drop box dibandingkan melalui KPP. Tahun ini, tercatat penerimaan SPT Tahunan PPh melalui drop box mencapai 60,09 persen. 

Lokasi lain yang menjadi pilihan masyarakat untuk menyerahkan laporan SPT adalah Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) sebesar 37,34 persen, Kantor Pos sebesar 1,75 persen, dan penyerahan melalui fasilitas online Ditjen Pajak sebesar 0,004 persen.

Berikut daftar provinsi yang paling banyak menerima laporan SPT Tahunan Orang Pribadi tahun 2010:

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

1. Provinsi DKI Jakarta 18,96 persen.
2. Jawa Barat 14,44 persen.
3. Jawa Timur 13,32 persen.
4. Jawa Tengah 10,80 persen.
5. Banten 5,24 persen.
6. Riau dan Kepulauan Riau 4,76 persen
7. Sumatera Utara 4,68 persen.

Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024