Haid Lebih Awal Tingkatkan Resiko Asma

Nyeri Haid
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Seorang wanita yang mendapatkan mestruasi pertamanya saat berusia kurang dari 10 tahun, ternyata cenderung beresiko asma. Seperti dilansir dari Babble.com, hal itu menurut penelitian di Eropa pada 3.000 wanita.

Dari penelitian diketahui ada hubungan yang kuat antara haid lebih awal dan asma atau masalah paru-paru. Para peneliti mengatakan bahwa hubungan tersebut juga muncul dari faktor kelahiran. Tercatat bahwa banyak wanita yang haid lebih awal, memiliki berat badan yang rendah saat lahir.

Mereka juga menemukan hubungan antara haid lebih awal dan kemungkinan peningkatan resiko bahwa seorang wanita akan jadi perokok. Hal ini membuat mereka lebih rentan dan beresiko memiliki masalah paru-paru di kemudian hari.

Penelitian European Community Respiratory Health Survey ini, merupakan jenis penelitian kesehatan multi aspek. Tim peneliti berpendapat ini bahwa ada aspek hormonal untuk masalah pernapasan pada wanita yang haid lebih awal.

Wanita yang mengalami haid lebih awal juga diketahui lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan saat dewasa. Meskipun faktanya, bahwa banyak yang memiliki berat badan rendah saat lahir. Memang banyak faktor yang membuat seseorang berisiko terkena asma dan ternyata haid lebih awal adalah salah satunya. (eh)

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Tumbuh 11,7 Persen, BCA Bukukan Laba Bersih Rp 12,9 Triliun Kuartal I-2024

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA dan entitas anak, berhasil membukukan kenaikan total kredit sebesar 17,1 persen secara year-on-year (yoy) kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024