Pemerintah Beli Saham SingTel di Telkomsel?

Teknisi telkomsel usai lakukan perawatan BTS di Karimun Jawa
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan jadi tidaknya pembelian kembali (buyback) saham PT Telekomunikasi Seluler (Tellkomsel) milik Singapore Telecom (SingTel) oleh PT Telkom Indonesia tbk baru bisa diketahui pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Mei mendatang.

Hingga saat ini porsi kepemilikan pemegang saham Telkomsel masih sama dengan posisi sebelumnya yaitu 35 persen milik Singtel dan 65 persen milik Telkom.

"Jika ini [mengenai porsi saham] dianggap penting untuk dibahas, tentu akan dibahas pada RUPS Mei nanti," kata Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin, Jakarta, Senin, 11 April 2011.

Mustafa mengatakan, pembelian saham Telkomsel sebesar 35 persen milik Singtel saat ini masih wacana dari pemerintah karena hal itu tidak dapat diputuskan secara sepihak. Kalaupun wacana tersebut jadi dilaksanakan oleh Telkom, Kementerian BUMN masih harus menunggu respon dari Singtel sebagai pemegang saham Telkomsel.  "Selama ini, apa mereka menyambut hal itu atau tidak, belum diketahui pasti," katanya.

Mustafa mengakui sudah menggelar pertemuan dengan Chief Executive Officer (CEO) SingTel, Singapura, Chua Sock Koong,  pada Kamis malam, 7 April 2011. Namun, dalam pertemuan tersebut, sama sekali tidak disinggung masalah pembelian saham Telkomsel.

Meski belum ada pembicaraan mengenai wacana buyback, Kementerian BUMN mengungkapkan Singtel telah memiliki konsep sendiri mengenai pengembangan Telkomsel. Dipihak lain, Telkom sebagai pemegang saham Telkomsel juga memiliki konsep sendiri.

Kedua konsep tersebut nantinya akan dibicarakan dalam pertemuan RUPS yang bakal digelar pada Mei 2011.

Selain mengadakan pertemuan dengan Menteri BUMN, kedatangan pimpinan Singtel ke Indonesia juga mengagendakan pertemuan dengan manajemen Telkom. Namun, Kementerian BUMN mengaku belum menerima laporan mengenai hasil pertemuan tersebut.  "Saya meminta laporannya mengenai apa yang mereka bicarakan," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, SingTel dan Kementerian BUMN sepakat untuk memperkuat struktur organisasi Telkomsel. Penguatan dilakukan dengan menambah tiga direktorat baru dari posisi saat ini sebanyak lima direktorat.

"Mereka setuju terkait reorganisasi, meski belum diputuskan. Tetapi, ada titik temu yang bagus. Mereka melihat ada urgensi penguatan organisasi. Ada tiga direktorat baru, jadi berkembang dari lima menjadi delapan," kata Mustafa.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Citra Sandra Dewi langsung hancur setelah suami Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024