Tubuh Kencang dengan Pilates

Pilates
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Banyak cara untuk membentuk otot jadi lebih kencang. Jika Anda mulai bosan dengan latihan aerobik atau fitnes, cobalah bentuk otot dengan latihan pilates. Itu karena pilates bukan hanya berfokus pada latihan fisik, tetapi juga pikiran.

Joseph Pilates, orang yang menemukan latihan ini, menyebutnya sebagai 'Contrology'. Ia percaya pikiran yang mengontrol gerak otot. Seperti dilansir dari Times of India, latihan pilates ini fokus pada membentuk fleksibilitas, kekuatan, daya tahan, dan koordinasi tubuh tanpa menambahkan massa otot.

Seseorang yang rutin melakukan latihan pilates akan memiliki postur tubuh yang lebih baik dan tidak rentan terhadap cedera. Itu karena gerakan dalam latihan pilates memperbaiki postur tubuh yang salah, serta menguatkan inti otot dalam tubuh seperti bagian torso.

Latihan pilates biasanya terdiri dari serangkaian gerakan di atas matras dengan fokus gerakan melatih bagian torso. Latihan ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan teknik pernapasan.

Ada dua cara untuk melakukan latihan pilates, yaitu dengan melakukannya di atas matras atau menggunakan berat tubuh sendiri. Metode lainnya adalah menggunakan berbagai peralatan untuk membentuk dan memperkuat tubuh.

Sebelum melakukan latihan pilates, sebaiknya Anda tahu kondisi tubuh secara detail. Berkonsultasilah dulu dengan instruktur berpengalaman sebelum memulai latihan. Latihan pilates bisa dilakukan siapa saja yang berusia 12 tahun ke atas.

Latihan pilates ini juga bisa dilakukan oleh wanita hamil. Karena, gerakan pilates memang bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas yang sangat dibutuhkan wanita untuk melahirkan secara normal. Setelah melahirkan, jika ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, latihan ini menjadi alternatif. (pie)

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024