Benarkan Susu Jadi Pengantar Tidur Terbaik

Tidur Lelap Agar Awet Muda
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews -  Tidur nyenyak sangat penting bagi semua orang. Itu karena saat tidur sel-sel tubuh melakukan perbaikan. Tetapi seringkali tidur bukan jadi hal mudah, karena berbagai faktor.

Banyak yang menyarankan untuk minum susu sebelum tidur jika ingin tidur nyenyak. Sushila Sharangdhar, ahli gizi asal India, menjelaskan sejauh apa efek minum susu sebelum tidur.

Seperti dilansir dari Times of India, protein dalam susu yang disebut tryptophan, memang bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Ketika tryptophan dirilis dalam otak, maka otak akan memproduksi serotonin, yaitu neurotransmitter pembangkit rasa tenang. Bahan kimia lami otak ini mengirim sinyal dari neuron melalui sistem saraf.

Tetapi, susu juga mengandung banyak asam amino. Saat masuk ke dalam otak, asam amino bersaing dengan tryptophan dan mengganggu pola tidur. Jadi, minum susu hangat sebelum tidur memang bisa membuat tubuh terasa lebih tenang dan nyaman, tapi tidak akan selalu membantu Anda tertidur.

Seperti Anda ketahui susu sangat kaya akan kalsium. Kalsium ini bermanfaat untuk melemaskan otot secara alami. Susu juga bisa meredakan stres, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. Efek susu hangat pada tubuh juga sebagian karena efek psikologis.

Sebenarnya ada banyak makanan dan minuman lain yang bisa jadi pengantar tidur. Ada susu kedelai, keju, kacang-kacangan, teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, dan teh melati. (pie)

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024
Dedi Mulyadi

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Soal Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi : Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024