Tiga Pejabat Citibank Pendiri PT Sarwahita

Citibank
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Tiga pejabat Citibank diketahui menjadi pendiri PT Sarwahita Global Management. Mereka adalah Gesang Timora, Reniwati Hamid, dan Malinda Dee alias Inong Malinda.

Pada saat PT Sarwahita didirikan pada Juni 2008, Gesang Timora menjabat sebagai Direktur Utama, Reniwati menjabat sebagai direktur, sedangkan Malinda menjabat sebagai komisaris.

Menurut Vice President Customer Care Center Citibank, Hotman Simbolon, Gesang sudah tidak lagi bekerja di Citibank. Sebab, telah pensiun tiga tahun lalu. "Beliau sudah tidak bekerja di Citibank sudah lama, sejak tiga tahun yang lalu pensiun," kata Hotman kepada VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 13 April 2011.

Sedangkan Reniwati Hamid masih tercatat sebagai karyawan Citibank. Namun, menurut Hotman, atasannya sudah tidak terlihat di kantornya saat kasus penggelapan dana nasabah dan pencucian uang yang dilakukan Malinda Dee ramai diberitakan. "Tapi kayaknya, sejak itu sudah tidak ada di kantornya. Dia sepertinya di-suspend," kata Hotman.

Sedangkan Malinda sendiri, Hotman menuturkan, adalah Manager Relation Citibank Cabang Land Mark, Jakarta. Di Citibank, Malinda adalah bawahan Reniwati Hamid.

Namun, di PT Sarwahita, posisi mereka berubah-rubah. Pada perubahan manajemen terakhir, per 12 Oktober 2010, Reniwati Hamid menjabat sebagai direktur, Malinda sebagai komisaris. Sedangkan Gesang Timora tak lagi duduk di kepengurusan PT Sarwahita.

Sementara itu, dari hasil penyidikan Badan Reserse dan Kriminal Polri, diketahui Malinda pernah melarikan dana salah satu nasabah Citibank ke rekening di Bank Mega milik PT Sarwahita. Pada 13 Agustus 2009 itu, Malinda mengucurkan dana sebesar Rp2 miliar.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam mengatakan, penyidik masih menelusuri Laporan Hasil Analisis dari ketiga orang ini ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). "Ini kan sudah ada kordinasi dengan PPATK, tunggu hasilnya," kata dia di Mabes Polri.

Namun, apakah Polri melihat ada sebuah persekongkolan pencucian uang yang dilakukan ketiga orang ini di Citibank? Menurut Anton, penyidik akan menyelesaikan kasus Malinda sebelum mengusut kemungkinan keterlibatan orang lain. "Makanya kasus ini (Malinda) dulu yang diproses, kalau sudah baru yang lain. Kalau ada indikasi keterlibatan yang lain ya ditindak lanjuti."

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

AHY meminta semua pihak agar legowo dengan keputusan MK.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024