PPATK: Korban Malinda Lebih dari 50 Orang

Citibank
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menduga lebih dari 50 orang menjadi korban dugaan penggelapan dana yang dilakukan Inong Malinda atau Malinda Dee.

Untuk itu, mulai hari ini, PPATK melakukan audit khusus atas rekening-rekening Malinda maupun para korban. "Audit akan dilaksanakan selama tujuh hari dan bisa bertambah bila diperlukan," kata Direktur Pengawasan dan Kepatuhan PPATK, Subintoro, di kantornya, Jakarta, Senin 18 April 2011.

Subintoro menjelaskan, audit khusus atas sejumlah rekening itu dimaksudkan untuk mengetahui aliran dana, tingkat kepatuhan hingga mendapatkan profil nasabah.

Dia menambahkan, audit khusus ini menyangkut ke mana saja aliran dana, baik dana Malinda maupun dana para korban. Lalu, mendapatkan profil para nasabah di antaranya nasabah high risk, medium risk, dan low risk.

"High risk itu maksudnya politically exposed person. Untuk medium dan low risk tentu saja pengaruhnya di bawah level itu," ujar dia.

Kendala yang mungkin akan ditemui dalam pelaksanaan audit khusus itu, menurut Subintoro, adalah menyangkut informasi aliran dana dan tingkat kepatuhan Citibank. Karena itu, PPATK berharap Citibank dapat kooperatif.

"Kami sudah menerjunkan enam pemeriksa senior yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu kendala-kendala ini kemungkinan dapat diminimalisir," ujarnya. (eh)

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya
Elon Musk Bersama Tesla Cybertruck.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Tesla Chief Executive Officer (CEO) Elon Musk announced through X that he postponed to visit India to meet Prime Minister Narendra Modi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024