Beda Perilaku Konsumen Kelas Atas & Menengah

Ibu dan anak belanja.
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Kenaikan pendapatan per kapita penduduk Indonesia yang mencapai US$3.000 mengubah perilaku konsumen. Konsumen kelas atas dan menengah mempunyai gaya tersendiri dalam membeli suatu produk.

Menurut Executive Director of Client Leadership Nielsen, Venu Madhav, konsumen kelas atas lebih mencari produk yang menjawab kebutuhan gaya hidup dan kesehatan mereka. Produk itu memberikan mereka manfaat lebih dan nilai tambah.

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Beberapa produk itu seperti hair conditioner (pelembut rambut), susu cair dengan varian rendah lemak, atau prebiotik. Untuk pasta gigi masih dipilih dengan varian manfaat seperti gigi kuat, untuk gigi sensitif, atau produk herbal.

"Untuk kelas atas, mereka memilih produk yang menjawab kebutuhan hidup, kenyamanan dan kesehatan mereka," ujar da di kantor Nielsen, Jakarta, Selasa 19 April 2011.

Peningkatan produk itu cukup signifikan seperti pelembut rambut tumbuh tiga kali lipat sebesar 68 persen, susu cair naik 18 persen, dan pasta gigi meningkat 10 persen.

Sementara itu, untuk konsumen kelas menengah ke bawah, saat ini cenderung membeli produk yang sebelumnya dianggap mewah. Produk itu di antaranya keju, ikan, dan daging beku, serta popok bayi. Untuk menarik segmen ini, perusahaan ritel menarik perhatian dengan menawarkan pembelian secara satuan atau sachet.

Menurut Nielsen, produk keju meningkat 13 persen dan untuk produk kemasan lebih kecil tumbuh 118 persen pada 2010. Untuk produk ikan dan daging beku naik 23 persen untuk kelas menengah, dan naik 32 persen pada kelas bawah. Produk popok bayi satuan naik 93 persen dalam penjualan 2010. (art)

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat

Terpopuler: KPU Tetapkan Presiden Baru, Prabowo Sebut Senyum Anies Berat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024