Cegah Nyeri Kepala Jelang Menstruasi

Sakit Kepala
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Banyak wanita menderita sakit kepala setiap bulan karena premenstrual syndrome (PMS), atau sindroma sebelum menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi 5-11 hari sebelum datang bulan.

Sindroma ini sebenarnya bukan hanya gejala fisik, tetapi juga emosi. Sakit kepala yang muncul juga bisa disertai dengan perasaan yang sensitif. Sehingga, membuat sakit kepala terasa lebih parah dari biasanya.

Untuk mengatasinya, ada empat cara yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari Shine:

Perhatikan makanan
Apa yang Anda konsumsi bisa berpengaruh pada sakit kepala panjang saat PMS. Beberapa makanan diketahui bisa memicu sakit kepala menjadi lebih parah. Jika Anda sering mengalami sakit kepala hebat menjelang haid, sebaiknya hindari mengonsumsi coklat batangan.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Kurangi juga konsumsi alkohol dan kacang-kacangan karena juga bisa membuat sakit kepala. Konsumsi makanan yang mengandung sedikit garam untuk menjaga level sodium pada tubuh tetap dalam keadaan rendah. Hal ini bisa mengurangi risiko sakit  kepala.

Hindari kafein
Hanya dengan minum sedikit kopi, sebenarnya bisa memicu sakit kepala saat PMS. Untuk itu perhatikan konsumsi kafein menjelang datang bulan. Anda bisa menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi kafein agar terhindar dari sakit kepala saat PMS.

Konsumsi suplemen

Jika Anda menderita sakit kepala karena PMS setiap bulan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Banyak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Vitamin B6 juga baik untuk membantu mengatasi sakit kepala PMS.

Terapi dingin

Kadang-kadang, cara terbaik untuk menghilangkan sakit kepala karena PMS adalah melakukan terapi dingin. Cukup mudah dilakukan. Tempelkan kain lembut yang telah dibasahi dengan air dingin pada dahi. Diamkan selama 15 menit. Tutup mata Anda dan usahakan tubuh dalam keadaan santai. (pie)

PO Bus Borlindo

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Sopir bus bernama Satir Tajuddin sempat viral karena mengajak seluruh penumpang makan di rumah mertuanya saat hari lebaran. Kini, Satir dikabarkan mendapat banyak donasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024