Di Bali, Ulat Bulu Disulap Jadi Predator

Wabah ulat bulu di Bali
Sumber :
  • Bobby Andalan| Bali

VIVAnews -- Para peneliti di Bali menemukan cara ampuh untuk menanggulangi wabah ulat bulu yang menyerang di seluruh kabupaten/kota di Bali. Caranya, dengan menyebar kembali ulat bulu. Lho?

"Kita bisa menggunakan ulat bulu itu sendiri untuk membunuh ulat bulu lainnya," kata peneliti ulat bulu dari Program Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Putu Sudirta, dalam seminar sehari di Universitas Udayana, Rabu, 20 April 2011.

Ulat bulu, tambah dia, bisa dibuat menjadi parasitoid -- berasal dari kata parasit dan oit yaitu organisme yang menyerupai parasit yang bisa hidup atas kerugian organisme lainnya. Ulat bulu yang disuntik parasit akan dilepas lagi secara acak di seluruh Bali.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Ulat parasit tersebut juga berupa ulat bulu tetapi mereka akan memangsa ulat bulu lainnya. Parasit ini akan sangat adaptif sesuai dengan populasi ulat bulu. Bila ulat bulu banyak maka parasit juga akan bekerja lebih besar dan sebaliknya.

"Makanya kita mengharapkan agar Dinas Pertanian, Tanaman dan Pangan Bali bisa menginstruksikan kepada warga untuk menangkap ulat bulu sebanyak-banyaknya untuk diserahkan ke Laboratorium Unud Denpasar," kata Sudirta.

Senada, Kepala Laboratorium Pengendalian Hama Terpadu Pasca Sarjana Agroekoteknologi FP Universitas Udayana, I Wayan Supartha merekomendasikan ulat bulu harus dibasmi dengan mengefektifkan musuh alami.

"Di alam, ulat bulu mempunyai beragam musuh alami baik dari golongan predator, parasitoid maupun patogen. Upaya ini harus lebih maksimal dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekologis di Bali," kata dia.

Seluruh musuh alami tersebut bisa dikembangkan, dimobilisasi untuk menangkal perkembangan wabah ulat bulu di Bali. "Daripada menggunakan bahan kimia, lebih baik menggunakan atau mengoptimalkan musuh alami tersebut, karena hasilnya lebih efektif, dan kesemibangan ekologis lebih terjamin," ujarnya. (sj)

Laporan: Bobby Andalan| Bali

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024