Pembangunan Wisma Atlet Jalan Terus

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Sekretaris Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Wafid Muharram. Komisi antikorupsi juga menangkap dua pengusaha  yang diduga terlibat dalam dugaan suap pembangunan wisma altet Sea Games ke-26 di Palembang.

Meski mengaku terkejut dengan penangkapan stafnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi A Mallarangeng mengatakan, kasus tersebut tidak menghambat pembangunan wisma atlet. Pembangunan terus berjalan.

"Soal pembangunannya berjalan dengan lancar tidak ada yang memperlambat karena kekurangan dana. Saya rasa pembangunan wisma atlet sudah sesuai dengan anggaran, bahwa ada ingin pembangunan tower lagi ya, tapi setahu saya dananya sesuai,"  ujar Andi di Jakarta, Jumat 22 April 2011.

Ditambahkan dia, pembangunan wisma tersebut juga tetap dipantau oleh Kementrian Pekerjaan Umum. "Selain itu juga kita berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Bapenas untuk penambahan," katanya.

Saat ditanya, apakah salah satu broker yang ditangkap oleh KPK merupakan salah satu kader dari partai besar di Indonesia, Andi tak menjawab. "Saya tidak tahu, kalau itu ada orang partai, lebih baik tanya sama KPK," tegas Andi.

Seperti diketahui KPK menangkap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharram semalam, Kamis, 21 April 2011. Selain Wafid, KPK juga menangkap seorang pengusaha berinisial MIU dan seorang perempuan berinisial R yang diduga sebagai broker.

Dalam penangkapan itu, KPK mengamankan sejumlah dokumen, dan dua unit mobil, yaitu satu unit mobil Honda CRV bernomor B 2717 NT milik MIU dan Toyota Vellfire putih bernomor B 8173 GD milik R. Wahid diduga menerima suap lebih dari Rp2 miliar.

Diduga suap itu terkait proyek wisma atlet untuk SEA Games Palembang. Wafid yang ditangkap sekitar pukul 19.00, dibawa ke KPK sekitar pukul 23.05 dengan menumpang mobil Toyota Avanza milik KPK. Penyidik KPK juga membawa MIU dalam mobil terpisah. Sedangkan Rosa baru tiba sekitar pukul 23.40. KPK juga menggeledah kantor milik R di daerah Jl. Warung Buncit.

Dalam rangka penyelenggaraan Sea Games di Palembang, pemerintah telah memakai anggaran pada tahun 2010 sebesar Rp200 miliar untuk pembangunan wisma atlet, dan Rp34 miliar untuk pembangunan Stadion Jakabaring. Dari anggaran 2011, dana yang telah digunakan adalah Rp125 miliar. Jumlah ini di luar biaya penyelenggaraan SEA Games.

Total anggaran untuk pelaksanaan SEA Games ditaksir mencapai Rp480,5 miliar untuk pembangunan venue, persiapan teknis, pembangunan sarana prasarana dan wisma atlet. (eh)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024