Zat Kimia Picu Menopause Dini

wanita bercermin
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Berbagai benda di sekitar Anda tanpa disadari mengandung zat kimia yang bisa berdampak negatif, salah satunya adalah memicu menopause dini. Mulai dari furnitur, plastik, peralatan masak dan benda lain, mengandung zat kimia yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara dan air.

Seperti dilansir dari Genius Beauty, salah satu zat kimia yang diketahui banyak terdapat dalam peralatan rumah tangga adalah perfluorocarbons (PFCs). Dari penelitian diketahui zat kimia tersebut banyak mengontaminasi makanan dan minuman.

Melalui konsumsi makanan dan minuman, PFC masuk ke dalam tubuh. Jika kadar PFC pada tubuh cukup tinggi, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan. Seperti, disfungsi sistem imun, kanker tiroid dan penyakit jantung.

Perusahaan produsen bahan kimia memang mengklaim bahwa produk PFC aman digunakan. Tetapi sebuah studi terbaru menunjukkan kalau produk tersebut berbahaya. Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menyimpulkan akumulasi PFC dalam tubuh berhubungan dengan rendahnya level estrogen pada wanita.

Pada 26.000 wanita yang terlibat dalam penelitian diketahui paparan PFC yang tinggi berhubungan dengan menopause dini. Pada wanita yang berusia 40 tahun atau lebih, ditemukan kalau level hormon seks estradiolnya menurun. Hal itu merupakan tanda awal menopause. (eh)

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB
Balita mengendarai sepeda motor

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang anak dibawah umur sedang mengendarai sepeda motor .

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024