Pertamina Siapkan US$1 Miliar untuk Blok WMO

Kilang minyak offshore
Sumber :
  • orrtextile.com

VIVAnews - PT Pertamina menyatakan telah menyediakan dana sebesar US$1 miliar untuk mengembangkan Blok West Madura Offshore (WMO). Tentunya anggaran ini bila pemerintah mempercayakan Pertamina mengelola blok itu 100 persen.

Blok WMO saat ini dikuasai Pertamina (50 persen), CNOOC Limited (12,5 persen), Kodeco Energy Co Ltd (12,5 persen), PT Sinergindo Citra Harapan (12,5 persen), dan Pure Link Investment Ltd (12,5 persen). Namun, kontrak bagi hasil atau PSC-JOA Blok itu akan berakhir pada 6 Mei mendatang.

''Dana tersebut untuk pengembangan lapangan dalam lima tahun ke depan," kata Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Mochamad Harun di Jakarta, Senin 25 April 2011.

Harun mengatakan, secara bertahap pengembangan sumur baru akan terus ditingkatkan dari 13,4 ribu barel per hari menjadi 40 ribu barel pada 2015. Produksi gas juga akan ditingkatkan dari 138 juta kaki kubik per hari pada tahun ini menjadi 200 juta kaki kubik pada 2015.

Harun yakin, bila pemerintah mempercayai Pertamina, target produksi ini akan tercapai. Apalagi, WMO bukan satu-satunya sumur lepas pantai Pertamina. Pertamina telah mengoperasikan Blok Selat Makassar dan West Java Offshore yang tingkat kesulitannya lebih berat ketimbang WMO. (adi)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024