26-4-2009:PM India Lolos dari Lemparan Sepatu

Manmohan Singh
Sumber :
  • AP Photo/ Anupam Nath

VIVAnews - Pada dua tahun yang lalu, Perdana Menteri Manmohan Singh dari India nyaris jadi korban pelemparan sepatu. Insiden itu gagal, namun Singh meminta polisi tidak menahan pelaku.

Menurut Asian Tribune, insiden itu terjadi saat Singh melakukan kampanye pemilihan umum di kota Gujarat, Minggu 26 April 2009. Sepatu itu dilemparkan seorang mahasiswa teknik komputer bernama Hitesh Chauhan. Saat itu dia duduk di barisan depan tak lama setelah Singh memulai pidato.

Belum ada keterangan dari polisi apa motif mahasiswa berusia 21 tahun itu melempar sepatunya kepada Singh.

Sepatu itu tidak mengenai Singh, karena mendarat beberapa meter dari podium tempat dia berdiri. Kepala pemerintahan India itu terus berpidato saat petugas keamanan meringkus Chauhan. Namun, Singh meminta polisi untuk tidak menahan Chauhan atas tuduhan apapun.

Lemparan sepatu tampaknya sudah menjadi momok bagi para politisi di India. Pada awal April 2009, Menteri Dalam Negeri P Chidambaram menjadi sasaran pelemparan sepatu.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Insiden ini mengikuti ulah seorang wartawan Irak atas Presiden AS saat itu, George W. Bush, di Baghdad pada Desember 2008. Namun, seperti Singh, Bush selamat dari sambitan itu. 

Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024