Cakar Suami, Politikus Demokrat Diusut Polisi

Ilustrasi kekerasan.
Sumber :
  • Nadya

VIVAnews - Ernawati, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surabaya dari Partai Demokrat, harus berhadapan dengan hukum. Ia disidik polisi setelah suaminya, Insan Gunawan, melapor wajahnya dicakar dan lengannya digigit sang istri.

Polisi kemudian menindaklanjuti dengan menyurati Gubernur Jawa Timur Soekarwo agar memberikan izin memeriksa anggota Dewan itu. Terkait itu, Gubernur Jatim, Soekarwo telah menyetujui surat yang dikirim Polrestabes Surabaya itu.

"Secara prinsip Pak Gubernur sudah memberi izin yang diajukan penyidik Polrestabes. Sekarang kami proses lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Suprianto, Selasa, 26 April 2011.

Laporan kekerasan dalam rumah tangga ke polisi itu dimasukkan suaminya pada 5 Maret 2011. Dan, penyidik baru mengajukan permohonan izin pemeriksaan Ernawati ke Gubernur Jatim 14 April lalu.

Supriyanto, mengatakan, surat izin pemeriksaan dari gubernur tidak serta merta menjadikan Ernawati diberhentikan sementara dari anggota DPRD Surabaya. Tetapi, dengan surat izin ini, penyidik bisa melakukan penahanan jika dianggap perlu.

"Gubernur tidak memiliki wewenang untuk memerintahkan penahanan atau tidak. Ditahan atau tidak sepenuhnya tanggung jawab penyidik," ujarnya.

Ditanya tentang penghentian sebagai anggota dewan, Suprianto menyebutkan, Pemprov Jatim hanya bersikap pasif. Artinya, gubernur
akan memberhentikan anggota dewan jika ada pengajuan dari Walikota Surabaya atau DPRD Kota Surabaya.

Dalam surat permintaan izin memeriksa itu, Bripka Agus Kurniatmoko sebagai penyidik melampirkan kronologi terjadinya penganiayaan yang dilakukan Ernawati ke suaminya pada 2 Maret 2010. Ketika itu, korban sebagai pelapor baru saja pulang dari berobat ke dokter. Begitu sampai di rumah, Insan langsung adu mulut dengan Ernawati.

Insan mengatakan cekcok dengan isterinya lantaran ada lelaki lain. "Kamu pilih dia atau aku," Insan bertanya pada Ernawati. Insan menuduh istrinya berselingkuh dengan seorang anak muda separtai dengan istrinya.

Namun Insan mengaku pada polisi, istrinya membalas pertanyaannya itu dengan cakaran dan gigitan. Insan pun melaporkan kejadian itu ke polisi.

Selain melapor ke Polrestabes Surabaya, Insan Gunawan juga melaporkan ke Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Surabaya, tanggal 31 Maret 2011 lalu. (eh)

Laporan Tudji Martudji | Surabaya

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024