Korupsi Suap Kemenpora

"Wafid Tak Dapat Jelaskan Uang di Kantornya"

Sekretaris Kemenpora Wafid Muharam terkait korupsi Sea Games
Sumber :
  • ANTARA/ Dhoni Setiawan

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita ratusan juta rupiah dari kantor Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharram. Menurut KPK, saat disita, Wafid tak dapat menjelaskan uang tersebut.

"Saat ditangkap dan digeledah, dia tidak dapat menjelaskan uang itu. Karenanya, kami sita uang tersebut," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Selasa 26 April 2011.

Menurut Johan, Wafid baru dapat menjelaskan uang tersebut saat diperiksa di KPK pada Kamis 21 April malam. "Dia bilang itu uang tunjangan perjalanan," jelasnya.

KPK telah menyita uang ratusan juta rupiah saat menggeledah kantor Wafid. Selain menemukan cek senilai Rp3,2 miliar, juga ditemukan uang dalam amplop Rp73,171 juta, US$128.148, Aus$1.370, dan 1.955 euro.

Mengenai uang yang ditemukan KPK, pengacara Wafid, Adhyaksa Dault, menyatakan bahwa uang di kantor mantan stafnya itu adalah wajar. Karena posisi Wafid adalah sekretaris kementerian. "Uang itu untuk membiayai keuangan di kantor ini, sebagai dana cepat," ujar Adhyaksa.

Dalam perkara ini, KPK juga telah menangkap Mohammad El Idris selaku salah satu direktur di PT Duta Graha Indah, dan Mirdo Rosalina Manulang yang disebut sebagai perantara. KPK menduga, Wafid menerima suap terkait dengan pembangunan wisma atlet untuk Sea Games di Palembang.

KPK kini telah resmi menahan Wafid, Rosa, dan Idris. Wafid dititipkan di rumah tahanan Cipinang, Mirdo Rosalina ke rutan Pondok Bambu, sedangkan Mohammad El Idris ke rumah tahanan Salemba.

KPK menjerat Wafid dengan dengan Pasal 12 huruf a dan atau Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan Mirdo Rosalina Manulang dan Mohammad El Idris dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (umi)

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia
Chandrika Chika dan Hard Gumay

Viral Ramalan Hard Gumay Soal Chandrika Chika: Kurangi Aktivitas yang Banyak Melanggar Aturan

Berdasarkan hasil, Chandrika Chika dan rekannya positif ganja. Sementara terjeratnya Chandrika Chika atas kasus narkoba membuat warganet kembali soroti ramalan Hard Gumay

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024