Tsunami Jepang, Ekspor Maret Naik Tipis 1,5%

Ilustrasi industri logistik
Sumber :
  • eolaspecialtyfoods.com

VIVAnews - Meski perekonomian Jepang tersapu tsunami pada 11 Maret 2011 lalu, ekspor produk Indonesia ke Negara Sakura selama bulan tersebut mengalami kenaikan tipis 1,49 persen atau sekitar US$40 juta. Nilai ekspor ke Jepang pada Maret 2011 tercatat mencapai US$2,71 miliar, lebih tinggi  dibandingkan posisi Februari 2011 sebesar US$2,67 miliar.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Data perdagangan Indonesia - Jepang yang dikeluarkan oleh BPS kali ini adalah data resmi yang dihimpun oleh lembaga milik pemerintah tersebut. Biasanya, data resmi kegiatan ekspor-impor baru diketahui satu bulan setelah penghimpunan data.

"Ekspor Minyak Bumi dan Gas (Migas) naik tipis sementara ekspor Non Migas menurun," kata Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan dalam keterangan pers di kantornya, Jakarta, Senin, 2 Mei 2011.

Menurut Rusman, Jepang masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar produk dari Indonesia selain Amerika Serikat dan China. Produk ekspor Indonesia berasal dari sumber daya alam terutama hasil tambang dan perkebunan.

Selama Januari-Maret 2011, ekspor terbesar Indonesia ke Jepang adalah produk karet senilai US$458 juta, batubara untuk masak (cooking coal) US$420,9 juta, batubara US$270 juta.

BPS mencatat, ekspor Migas Indonesia ke Jepang mengalami kenaikan US$120 juta dari posisi US$1,18 miliar pada Februari 2011 menjadi US$1,3 miliar pada Maret 2011.

Sayangnya, ekspor produk Non Migas malah mengalami penurunan dari US$1,53 miliar pada Februari 2011 menjadi US$1,41 miliar pada bulan Maret 2011.

Di sisi impor, Rusman mengungkapkan terjadinya penurunan volume dan nilai impor produk Jepang, terutama setelah terjadinya bencana tsunami. Namun, secara keseluruhan, impor produk Jepang masih tumbuh dalam rentang yang tipis.

Barang-barang yang masih didatangkan dari Jepang diantaranya kendaraan bermotor untuk tonase, produk olahan tembaga,  mesin produksi, alat elektronik untuk barang modal seperti pendingin udara, generator, dan genset (eh)

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024