Alasan Psikologis Wanita Merawat Rambut

Rambut bergelombang
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Tak sekadar mahkota, penampilan rambut juga menunjukkan kepribadian dan status wanita di masyarakat. Tak heran, banyak wanita rela menghabiskan anggaran begitu besar hanya untuk perawatan rambut.

Ada banyak alasan, mengapa wanita senang melakukan perawatan rambut. Secara psikologis, seperti dilansir dari laman She Knows, ada empat alasan mengapa wanita senang melakukan perawatan rambut:

Status terlihat dari gaya rambut
Rambut telah memainkan peranan penting dalam masyarakat sepanjang sejarah. Bahkan pada zaman Mesir kuno, orang kaya Mesir dan kebanyakan wanita selalu membeli wig mewah untuk menampilkan keunggulan mereka dalam masyarakat. Dalam budaya Yunani kuno dan Roma, menilai kekayaan seseorang bisa dilihat dari penampilan rambutnya.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Pada zaman tersebut, wanita dengan rambut ikal yang dipenuhi aksesori bunga, menandakan wanita tersebut adalah wanita kaya dan terhormat. Meskipun gaya rambut saat ini jauh berbeda dan lebih bervariasi, namun kepentingannya tidak berubah. Tampilan rambut tanpa disadari mencerminkan banyak hal tentang siapa dan bagaimana nilai status Anda di mata masyarakat.

Kesan pertama dimulai dari rambut

Ini menjadi salah satu alasan, mengapa wanita menganggap penting melakukan perawatan rambut. Rambut adalah satu bagian yang paling menonjol dan hal pertama yang dilihat orang.

Serta memiliki dampak besar pada kesan yang dibuat terhadap lawan jenis. Seorang wanita dengan rambut yang indah, sehat, serta menarik, bisa menunjukkan sinyal dia adalah wanita berkelas. Sementara wanita dengan dengan rambut berantakan, bisa menunjukkan kesan buruk.

Lain halnya dengan gaya rambut pria, rupa-rupa tatanan rambut pria bisa saja menimbulkan kesan gagah dan tampak menyenangkan. Sedangkan gaya rambut polos dan sederhana biasanya berhubungan dengan wanita pemalu yang tidak mau mengambil risiko dan memiliki sikap sedikit tertutup. Sungguh menakjubkan betapa seseorang bisa berasumsi untuk mengetahui tentang Anda hanya dari cara dan gaya penataan rambut.

Menandakan usia
Keadaan rambut juga bisa mengungkapkan banyak hal tentang Anda. Rambut kusam, beruban, terjadi penipisan rambut bisa menandakan penuaan. Untuk alasan ini, seiring bertambahnya usia, wanita akan bekerja lebih keras menjaga ketebalan rambut dan kemilaunya. Karena rambut lebih tebal dan berkilau bisa menjadikan seorang wanita tampak terlihat lebih awet muda.

Meniru gaya selebriti
Kebanyakan wanita ingin tampil cantik dengan model rambut layaknya selebriti. Maka tak heran, potongan dan gaya rambut para selebriti banyak ditiru masyarakat.

Juru bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono.

Daftar 14 Amicus Curiae yang Didalami Hakim MK, Termasuk Punya Megawati

Sejumlah tokoh dan forum masyarakat berbondong-bondong mengajukan diri sebagai amicus curiae atau sahabat pengadilan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024