Langsing Tanpa 'Sakiti' Kulit

Diet Gen
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Banyak wanita melakukan diet ketat demi mendapatkan tubuh langsing ideal. Mereka tak peduli, pembatasan asupan makanan yang mereka jalani bisa membuat kulit kekurangan nutrisi.

Agar kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga, pastikan asupan makanan cukup untuk menghidrasi kulit. Makanan kaya antioksidan bisa menjadi pilihan, demikian pula lemak sehat yang terkandung dalam ikan. Lakukan diet sehat tanpa mengabaikan kulit, seperti dikutip dari laman Shine:

Diet Mediterania
Ikan, sayuran hijau, minyak zaitun, dan buah adalah menu diet andalan Mediterania. Tak hanya sehat untuk jantung dan tubuh, tapi juga bermanfaat meremajakan kulit. Berdasar sebuah studi di Italia, berbagai menu diet ini dapat melindungi diri dari melanoma, kanker kulit paling mematikan. 

Ikan kaya asam lemak omega 3 yang membantu menjaga sel membran kulit tetap kuat dan elastis. Sementara sayuran hijau serta minyak zaitun kaya antioksidan yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Antioksidan juga mendukung struktural yang menjaga kulit tetap kenyal dan halus.

“Minyak zaitun, tomat, dan anggur merah juga memiliki antioksidan yang membantu menahan reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan akibat sinar matahari,” Leslie Baumann, MD, CEO dari Kosmetik Baumann dan Research Institute di Miami Beach, Florida menjelaskan.
 
Baumann menambahkan, anggur merah mengandung resveratrol, sejenis antioksidan yang bagus untuk kulit. Namun, harus dikonsumsi secara wajar. Konsumsi anggur merah berlebihan bisa menyebabkan kulit kering. "Terlalu banyak alkohol akan menghasilkan radikal bebas, yang dapat memecah kolagen penyebab keriput."

Diet vegetarian
Menghindari konsumsi daging atau produk hewani dan beralih ke sayuran hijau atau makanan nabati memang baik bagi kesehatan. Banyak mengonsumsi sayuran segar dan biji-bijian juga akan membuat kulit cerah dan segar. Sayur dan biji-bijian kaya antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas penyebab keriput, bintik-bintik coklat, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Sumber protein dari makanan berbasis tanaman memiliki manfaat untuk kulit. "Misalnya, kacang-kacangan mengandung zinc yang berjuang melawan jerawat dan mengurangi peradangan, termasuk juga kerutan dini," kata Nicholas Perricone, MD, penulis Forever Young: The Science of Nutrigenomics for Glowing, Wrinkle-Free Skin and Radiant Health at Every Age.

Diet tinggi protein, rendah karbohidrat
Diet ini pantang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. "Aturan dalam diet ini adalah, pertama, potong asupan roti putih, pasta, dan gula halus untuk melawan timbunan lemak, menurunkan sekresi hormon stres dan mengurangi jerawat," kata Manhattan dermatologis Francesca Fusco, MD.

Perbanyak konsumsi biji-bijian, produk segar, dan daging tanpa lemak. Juga perbanyak makanan tinggi antioksidan, seng, dan protein yang mendukung produksi kolagen.

“Perlu Anda tahu, mengonsumsi daging berlebih bisa menyebabkan kolesterol. Sementara lemak hewani dapat meningkatkan produksi radikal bebas,” kata dermatolog estetika di New York City, Lisa Airan, MD. "Ini dapat menyebabkan kematian sel prematur, yang dapat menyebabkan kulit kendur.”
 
Minum banyak air juga bisa menjaga kulit terhindar dari dehidrasi. Mengonsumsi ikan akan lebih baik daripada mengonsumsi daging, dan makan sayuran hijau yang kaya antioksidan juga perlu dilakukan setiap hari.

Diet Rendah lemak
Mengurangi lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging merah dan susu sangat bagus untuk jantung dan pinggang. “Namun, diet rendah lemak hewani akan meningkatkan produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit,” kata Dr Airan .
 
Airan mengatakan, kulit membutuhkan lemak, terutama jenis lemak baik yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan dan minyak zaitun. Lemak membantu penyerapan antioksidan. Vitamin yang larut dalam lemak juga akan memperkuat sel membran hingga epidermis demi mempertahankan kekenyalan kulit.

Aturan menjalani diet ini adalah tetap mempertahankan asupan lemak ke dalam tubuh. "Konsumi lemak minimal 20 persen dari kalori Anda, terutama jenis yang tidak jenuh," kata dokter kulit New York City Cheryl Karcher, MD.

Sayuran tumis dalam minyak zaitun, sedikit kacang ke dalam salad, dan salmon kaya omega 3, biji rami, dan telur bisa menjadi menu diet rendah lemak. “Asam linoleat, yang ditemukan dalam minyak sayur juga bermanfaat, penting untuk memperkuat penghalang kulit, yang menjaga kelembaban dan iritasi kulit Anda," ujar Baumann.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024