Ukur Kalori Saat Anak Mogok Makan

Anak tak suka sayur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Sulitnya membujuk si kecil untuk makan, mungkin kerap dialami para ibu. Biasanya, anak mulai susah makan dan mulai pilih-pilih makanan sejak usia satu tahun. Karenanya, perlu kreativitas tinggi agar si kecil mau mengonsumsi makanan bergizi.

Para ibu yang memiliki buah hati susah makan, kekhawatiran si kecil tak mendapatkan cukup kalori pasti menggelayut. Sebagai ibu, Anda harus hati-hati dan tetap selektif merencanakan menu makanan bagi buah hati.

Meski fase anak sulit makan termasuk lumrah, pastikan kebutuhan gizinya tercukupi. Sebagai acuan, para ibu sebaiknya tahu kebutuhan makanan untuk anak, seperti dikutip dari laman Modernmom:

Anak butuh makanan berkalori tinggi
Balita harus makan sekitar 1.000 sampai 1.400 kalori per hari, menurut KidsHealth. Ini mungkin mudah bagi orang dewasa. Tetapi, dengan porsi yang lebih kecil dan kebiasaan makan pilih-pilih, beberapa balita akan sangat sulit mencapai jumlah ini.

Tanpa cukup kalori, anak Anda tidak akan tumbuh dengan baik. Bahkan, bisa mengalami kondisi yang disebut 'gagal tumbuh'. Dengan memberikan anak Anda makanan berkalori tinggi, Anda bisa memastikan bahwa dia mendapat semua kalori yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Makanan favorit tinggi kalori
Semua balita memiliki makanan favorit yang yang berbeda. Tapi kebanyakan dari anak-anak suka menikmati makanan berkalori tinggi seperti keju, susu, yogurt, selai kacang, chicken nugget, dan makanan yang digoreng. Ketika memilih produk susu, pilih varietas dengan kandungan penuh lemak. Anak Anda membutuhkan kalori dan lemak untuk pertumbuhan.

Menambahkan kalori untuk makanan favorit
Jika makanan favorit balita Anda cenderung rendah kalori, Anda dapat mencari cara untuk menambah jumlah kalori. Misalnya, memasak telur dengan mentega atau minyak daripada menggunakan wajan antilengket.

Anda juga dapat mencampur susu ke menu sarapan untuk menambah kalori sekaligus melengkapi gizi anak. Bisa juga menambahkan topping berkalori tinggi seperti keju atau mentega pada sayuran. Memasukkan buah-buahan ke dalam yogurt. Selai kacang juga bisa menjadi alternatif penambah kalori.

Jangan sampai si kecil kekurangan gizi
Ketika memilih makanan berkalori tinggi untuk balita, perhatikan kandungan gizinya. Jika Anda bisa membujuk si kecil untuk makan lebih banyak kalori melalui asupan yogurt, itu lebih bergizi daripada hanya menambahkan minyak ke dalam menu. Dorong anak Anda untuk makan buah-buahan dan sayuran. Gabungkan bahan berkalori tinggi dengan makanan padat nutrisi, tetapi rendah kalori.

Hindari makanan 'sampah'
Meskipun makanan siap saji tinggi kalori. Namun, jangan biasakan si kecil mengonsumsi lebih banyak makanan 'sampah'. Beberapa anak mungkin akan menolak makanan yang bergizi, hanya untuk meminta cookies. Simpan makanan sampah hanya untuk makanan ringan sesekali. Fokus pada peningkatan kalori melalui makanan sehat dan penuh gizi.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024