20 Film Bersaing di Festival Cannes

Uma Thurman
Sumber :
  • flickr.com

VIVAnews - Dunia tengah menanti puncak Festival Film Cannes ke-64. Meski jagat perfilman menganggap kualitas perhelatan itu telah merosot, namun prestise festival tahunan itu tak kian memudar. Publik senantiasa menunggu kejutan dari atas panggung.

Aktor gaek Robert de Niro ditunjuk menjadi ketua dewan juri pada acara tahun ini, yang akan berlangsung 11-22 Mei. Jude Law serta Uma Thurman merupakan beberapa dari pekerja perfilman berpengaruh yang menjadi juru nilai. 20 film siap menerima keputusan akhir.

Laman The Telegraph menyiarkan beberapa film yang punya nilai komersil tinggi dari daftar nominasi. "The Tree of Life," berisi Brad Pitt dan Sean Penn, berkisah tentang perjalanan seorang bocah kelahiran Texas, AS, dari keluguan masa kanak menuju ambang kedewasaan yang mencemaskan.

Dewan juri tak menampik "Melancholia" karya sineas film-film kelam Denmark, Lars von Trier. Von Trier dua tahun bikin gempar berkat "Antichrist," sebuah film dengan adegan pembuka brilian dan karakterisasi penuh perhitungan.

Sementara itu, "This Must Be the Place" melukiskan pengalaman seorang pemusik rock menekuni karir. Sean Penn turut ambil bagian dalam cerita.

Cannes dianggap sebagai festival nada ganda: ia berisi film-film kompetisi yang kadang tak muncul di bioskop; namun ada juga film-film komersil dengan anggaran menjulang yang dipasarkan melalui jaringan bioskop.

Tahun ini, panitia akan menganugerahkan sutradara Iran, Jafar Panahi, dengan penghargaan Carrosse d'Or (Golden Coach). Panahi, memenangkan Camera d'Or (Golden Camera) atas film "The White Balloon" pada tahun 1995, sedang mendekam dalam penjara karena dianggap memercikkan propaganda antipemerintah pada Desember lalu.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

"Tak ada satu pun sineas maupun seniman yang bisa tetap bersikap masa bodoh atas [pemenjaraan itu]. SRF telah berjanji memecah kebekuan yang tengah dialami Panahi," tukas SRF (Asosiasi Sineas) sebagaimana dipetik dari laman Guardian.

Berikut film-film yang akan bersaing:

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Once Upon A Time In Anatolia (sutradara: Nuri Bilge Ceylan)
Drive (Nicolas Winding Refn)
Habemus Papam (Nanni Moretti)
Hanezu No Tsuki  (Naomi Kawase)
Footnote (Joseph Cedar)
Hara-Kiri: Death Of A Samurai (Takashi Miike)
House Of Tolerance (Bertrand Bonello)
The Skin I Live In (Pedro Almodóvar)
The Source (Radu Mihaileanu)
The Kid With A Bike  ( Jean-Pierre dan Luc Dardenne)
Le Havre (Aki Kaurismäki)
Melancholia (Lars Von Trier)
Michael (Markus Schleinzer)
Pater ( Alain Cavalier)
Poliss ( Maïwenn)
Sleeping Beauty (Julia Leigh)
The Artist (Michel Hazanavicius)
The Tree Of Life (Terrence Malick)
This Must Be the Place (Paolo Sorrentino)
We Need To Talk About Kevin (Lynne Ramsay)

Neta L

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Neta, pabrikan mobil listrik asal China, memperkenalkan empat model Neta L di pasar domestiknya. SUV berdesain modern ini menarik perhatian dengan teknologi canggih dan j

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024