Panin Kaji Ulang Penarikan Dana Nasabah Kaya

Panin Bank
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews - PT Bank Panin Tbk akan memperbaiki mekanisme pencairan dana nasabah kaya. Upaya itu dilakukan untuk mencegah peluang orang tidak bertanggung jawab yang bisa mengambil kesempatan tidak wajar.

"Selama ini, kalau mereka (nasabah kaya) ingin mengambil uang, tinggal telepon, uang lalu disiapkan," kata Wakil Direktur Utama Bank Panin, Roosniati Salihin, di Jakarta, Senin 9 Mei 2011.

Menurut dia, melalui layanan khusus penarikan dana tersebut ada peluang bagi orang tidak bertanggung jawab untuk bisa mengambil kesempatan yang tidak wajar. "Itu yang sedang dan harus diperbaiki," ujar Roosniati.

Dia menjelaskan, Bank Panin memang memberikan keistimewaan layanan untuk nasabah prioritas. Mereka memiliki seorang relationship manager. "Artinya, ada account officer tertentu yang membawahi 20-30 nasabah," ujarnya

Namun, Roosniati menjelaskan, adanya sejumlah nasabah kaya yang manja membuat account officer Bank Panin akan ditatar ulang. Karena, jika menuruti nasabah-nasabah yang manja, Bank Panin dapat saja terjerat permasalahan. "Nasabah boleh saja manja, tapi ikuti aturan yang sudah ada,'' katanya.

Dia menjelaskan, nasabah prioritas Bank Panin tidak terlalu banyak. Jumlahnya diperkirakan 10-11 ribu rekening. 

''Namun, yang sedang kami galakkan adalah bagaimana mendidik pegawai sendiri agar menuruti rambu-rambu dan tidak menuruti di luar kewajiban kepada nasabah, meskipun itu nasabah prioritas," ujarnya.

Meski demikian, nasabah prioritas Bank Panin, menurut dia, masih akan ditawarkan produk-produk perbankan. ''Kalau nasabah buka rekening, sah-sah saja. Cuma tidak diberikan pelayanan secara berlebihan,'' tutur Roosniati.

Untuk nasabah prioritas, menurut Roosniati, minimal rekening tabungan sebesar Rp500 juta.

Sementara itu, terkait instruksi Bank Indonesia kepada bank-bank untuk memperbaiki pengawasan internal, Rosniati mengatakan, Bank Panin saat ini sedang memperbaikinya. ''Kantor cabang terus berkembang, sehingga kami tidak henti untuk memperbaiki internal control," ujarnya. ''BI juga silakan datang saja untuk mengecek, kami siap.''

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024