DPR: Gedung Baru Cuma 26 Lantai, Tak Masalah

Maket gedung baru DPR
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews – Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso tidak mempersoalkan keputusan Kementerian Pekerjaan Umum yang memangkas rencana pembangunan gedung baru DPR dari 36 lantai menjadi ‘hanya’ 26 lantai. Priyo mengaku bisa menerima hasil audit Kementerian PU tersebut. Ia bahkan berterima kasih kepada Kementerian PU.

“(Audit oleh Kementerian PU itu) luar biasa. Kami memberikan kepercayaan tinggi kepada Kementerian PU dan jajarannya untuk mengkalkulasi ulang. DPR berterima kasih kepada ahli-ahli mereka. Saya mendorong seluruh anggota DPR menerima keputusan itu dengan lapang dada,” kata Priyo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 9 Mei 2011.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar itu, meskipun Kementerian PU menyerahkan keputusan akhir soal pembangunan gedung baru ke tangan DPR sendiri, namun pendapat mereka sebagai pihak pemerintah tetap sangat penting. Ketua DPR Marzuki Alie pun sependapat dengan Priyo.

“Saya berterima kasih atas pendapat Kementerian PU. Lebih baik pendapat itu kita terima kalau untuk efisiensi,” kata Marzuki secara terpisah. “Mau 26 lantai, 10 lantai, 5 lantai, nanti rekomendasi PU itu diserahkan ke BURT (Badan Urusan Rumah Tangga DPR),” imbuh Marzuki.

Berdasarkan audit Kementerian PU, gedung lama DPR di Nusantara I DPR masih layak untuk dipakai. Gedung baru DPR yang dipangkas menjadi 26 lantai pun membuat biaya pembangunan gedung dapat dikurangi dari Rp1,1 triliun seperti yang tercantum pada anggaran awal, menjadi Rp777 miliar. (eh)

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan
Menag dan Majelis Masyayikh Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Majelis Masyayikh adalah lembaga mandiri dan independen sebagai perwakilan Dewan Masyayikh dalam merumuskan dan menetapkan system penjaminan mutu pendidikan pesantren.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024