Bank Indonesia Periksa Bank Mega

Bank Mega, Grup Para
Sumber :
  • grup para

VIVAnews- Bank Indonesia tengah melakukan pemeriksaan terhadap PT Bank Mega Tbk terkaitĀ  kasus dugaan pembobolan dana PT Elnusa Tbk. dan pembobolan dana milik Pemerintah Daerah Kabupaten Batubara.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

"Kami tengah melakukan pemeriksaan dan masih mempelajarinya. Kami juga memeriksa kewenangan Kepala Cabang Bank Mega di Jababeka," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah ketika dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Senin, 9 Mei 2011.

Menurutnya semenjak kasus Elnusa, BI telah memeriksa Bank Mega terkait standar operasi prosedur (SOP) dan internal kontrol sesuai aturan BI. Namun ketika ditanya apakah nantinya Bank Mega akan diberikan sanksi, Difi belum bisa berkomentar lebih lanjut.

Sebelumnya Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan BI tengah meneliti sisi regulasinya, termasuk kebijakan dan SOP di bidang operasional kantor cabang. Sementara BI juga bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan dan pihak kepolisian untuk meneliti tindak pidananya.

Seperti diketahui kasus dugaan pembobolan bank Mega kembali terjadi pasca pembobolan dana PT Elnusa Tbk senilai Rp111 miliar. Pembobolan kembali terjadi di Kantor Cabang yang sama yaitu di Jababeka, yaitu dana Rp80 miliar milik Pemda Batubara- Sumatera Utara.

Sementara Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Mega Suwartini mengatakan pihaknya telah melaporkan kejadian pembobolan Rp80 miliar itu kepada BI Jumat lalu (6 Mei 2011).

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Kebetulan, lanjut dia, Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara juga melaporkan adanya kejanggalan itu kepada Kejaksaan Agung dan kepolisian, sehingga Jumat sorenya terjadi penangkapan terhadap dua tersangka yang diketahui merupakan dua pejabat Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Suwartini mengakui, terbongkarnya kasus tersebut setelah Bank Mega melakukan audit menyeluruh terhadap transaksi-transaksi yang menurut perseroan mencurigakan.

"Jadi, harinya berbarengan. Dan syukur sudah ada tindak lanjut dengan penangkapan," tutur Suwartini.

Bank Mega dalam rilisnya menjelaskan kasus ini tidak ada sangkut pautnya terhadap kasus sebelumnya yaitu dana Elnusa. Menurut Corporate Secretary Bank Mega, Gatot Aris Munandar, dana Pemkab Batubara itu ditempatkan dalam bentuk deposito on call (dapat ditarik sewaktu-waktu).

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Kasus ini diduga dilakukan kerja sama antar oknum yang terlibat dan saat ini para oknum tersebut telah diamankan oleh pihak berwajib. Bank Mega menyatakan telah memberhentikan Itman Harry Basuki dari jabatannya sebagai Pemimpin Pembantu Cabang Jababeka.

Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa atas keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U 23 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024