Wakil Ketua DPR: Pangkas Anggaran Kunker!

Stadion Santiago Bernabeu
Sumber :
  • flickr

VIVAnews – Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyerukan pemangkasan anggaran kunjungan kerja ke DPR, khususnya terkait studi banding ke luar negeri.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

“Saya mendorong untuk dilakukan pemangkasan sampai 40 persen,” tegas Priyo kepada VIVAnews, Rabu, 11 Mei 2011.

Ia mengatakan, saat ini pimpinan DPR sedang melakukan evaluasi serius terhadap berbagai kunjungan kerja tersebut. Mereka juga membuka diri terhadap berbagai masukan dan saran dari masyarakat. “Hanya kunker ke luar negeri yang punya urgensi tinggi yang diperbolehkan. Jadi ukurannya berdasarkan azas manfaat,” ujar politisi Golkar itu.

Namun keinginan pimpinan DPR tersebut bertentangan dengan fakta yang dipaparkan oleh Sekjen DPR Nining Indra Saleh, Selasa, 10 Mei kemarin di Gedung DPR RI. Menurut Nining, anggaran studi banding DPR untuk tahun 2011 ini justru mengalami kenaikan sekitar Rp18 miliar dari anggaran sebelumnya di tahun 2010 yang berjumlah Rp107 milliar.

“Itu dilakukan untuk pengawasan dan legislasi, terutama terkait Rancangan Undang Undang yang belum final,” jelas Nining. Kenaikan sebanyak Rp18 miliar itu, kata Nining, berdasarkan usulan komisi-komisi di DPR. Kini, anggaran kunker pun menjadi Rp125 miliar.

“Untuk studi banding, masing-masing komisi maksimal hanya boleh mengunjungi dua negara,” ujar Nining. Tapi, imbuhnya, terserah pada komisi yang bersangkutan apakah hendak mempergunakan seluruh anggaran itu atau tidak. Untuk anggaran tahun lalu, menurutnya, masih tersisa Rp50 miliar yang akan dikembalikan kepada negara.

Apapun sorotan terhadap kunjungan kerja DPR ke laur negeri, Priyo mengingatkan masyarakat dan media untuk bersikap secara proporsional. “Sebetulnya anggaran kunjungan kerja DPR itu jauh lebih kecil dibanding anggaran kunker eksekutif,” kata Priyo. Untuk itu, ia pun meminta anggaran kunker berbagai lembaga pemerintahan juga turut diawasi efektivitasnya. (umi)

Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024