BTN Tak Naikkan Bunga KPR

Bank Tabungan Negara (BTN)
Sumber :
  • www.nindyakarya.co.id

VIVAnews - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) belum berniat untuk menaikkan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, meski sejumlah bank pemerintah lainnya menaikkan suku bunga KPR hingga menembus level dua digit.

"Belum ada penyesuaian suku bunga KPR, masih tetap di kisaran saat ini," ujar Sekretaris Perusahaan BTN, Rakhmat Nugroho ketika dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 11 Mei 2011.             

Suku bunga KPR hunian bersubsidi bank pendukung program rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah itu saat ini mencapai 8-9 persen dan suku bunga KPR komersial sebesar 10,5-12,5 persen.   

Sebelumnya, Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro, mengatakan, perseroan belum ada rencana menaikkan suku bunga KPR meski Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuan perbankan atau BI Rate 25 basis poin (bps) menjadi 6,75 persen.

"Kami tidak reaktif untuk menaikkan bunga kredit. Untuk menaikkan bunga kredit tidak semudah itu, harus melalui kajian dan pertimbangan dengan memperhatikan banyak aspek. Namun, saya belum yakin bunga kredit akan naik," kata dia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk telah menaikkan suku bunga KPR untuk menyesuaikan peningkatan BI Rate yang pada Februari lalu naik sebesar 0,25 persen menjadi 6,75 persen.

"Pertimbangan suku bunga KPR naik karena melihat suku bunga BI juga naik," kata Vice President Consumer Credit Division BRI, Joice Farida Rosandi usai acara kerja sama BRI dengan Kemang Village untuk Pembiayaan KPA di Kemang Village Residence Jakarta, Selasa 10 Mei 2011.

Menurut Joice, suku bunga KPR perseroan dinaikkan dari 8,8 persen menjadi 9,5 persen. "Tapi, dengan adanya kerja sama dengan developer tertentu, kita bisa buat paket sedemikian rupa agar bunganya menjadi lebih murah dari itu. Itulah desk of beauty kerja sama dengan developer," ujarnya. (art)

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024