Menteri Dukung Pertamina Ambil Blok Angola

Darwin Saleh
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh mendukung rencana PT Pertamina membeli 25 persen saham blok minyak dan gas di wilayah Angola, Afrika, dari ExxonMobil Corp. "Bagus. Itu langkah strategis yang patut didukung," kata Darwin dalam laman Kementerian Energi, Kamis, 12 Mei 2011.

Darwin mengatakan, untuk meningkatkan sumber-sumber minyak nasional, tidak hanya mengeksploitasi sumber minyak dalam negeri, tetapi bisa di luar negeri. Cara seperti ini, menurut Darwin, sudah banyak dilakukan negara lain.

Wall Street Journal melaporkan bahwa Pertamina telah menawar US$ 3,5 miliar saham Exxon di Blok 31. Harga penawaran ini jauh lebih tinggi dibandingkan tawaran pesaing-pesaing lain, sepertiĀ  China Petroleum & Chemical Corp (Sinopec Corp) dan perusahaan miyak asal India, Oil and Natural Gas Corp.

Seorang pejabat Angola mengatakan, Pertamina sedang membicarakan pembelian ini dengan ExxonMobil. Blok 31 diharapkan bisa berproduksi 150 ribu barel per hari mulai 2012.

Selain Exxon, saham Blok 31 saat ini dimiliki BP Plc (26,7 persen), dan perusahaan minyak milik pemerintah Angola, Sonangol Group, sebanyak 20 persen.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Mochamad Harun tak mau komentar. "Saya belum bisa bicara," katanya saat dihubungi VIVAnews.com. (eh)

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024