Korea Buka 10.000 Lowongan Bagi TKI

TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri mengirim uang ke Tanah Air dalam jumlah yang besar.
Sumber :

VIVAnews -  Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) mengungkapkan, hingga kuartal pertama keluarnya Standard Labour Contract (SLC) atau kontrak kerja ke Korea, BNP2TKI sudah mendapatkan 1.800 atau sekitar 16 persen SLC dari total 10 ribu permintaan tenaga kerja asing (TKA) di negara tersebut tahun ini.
 
"Sejak Januari hingga April 2011 sudah ada 1.242 TKI dari 1.800 SLC yang ke luar. Mereka kini sudah ditempatkan dan bekerja di Korea," ujar Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Haposan Saragih dalam keterangannya yang diterima VIVAnews.com di Jakarta Timur, Jumat 13 Mei 2011.
 
Menurut Haposan, pemerintah Korea saat ini tidak memberikan sistem penjatahan bagi TKA. Namun, yang berlaku yaitu siapa yang bisa mengirimkan jumlah pekerjanya terbanyak maka negara itu akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar. "Untuk itu, Korea memberikan atau membuka lowongan kerja sebanyak 10.000 untuk TKI," tuturnya.

Dia menambahkan, sektor manufaktur masih menempati prioritas dalam jumlah penempatan TKI di Korea Selatan hingga saat ini. Dari jumlah penempatan TKI sejak tahun 2007-2011 terdapat sekitar 13 ribu TKI yang sudah habis masa kontraknya. "Sebab, menurut sistem lama, kontrak kerja TKI melalui mekanisme penempatan antarpemerintah (government to government) hanya berlaku tiga tahun. Setelah masa itu, TKI harus kembali ke tanah air," tutur Haposan.

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Sedangkan perpanjangan kontrak kerja hingga lima tahun, kata dia, hanya bisa bagi TKI yang berangkat tahun 2010.
 
Haposan menuturkan, hingga kini, animo pencari kerja untuk bekerja di Korea masih sangat tinggi. Tercatat, untuk pendaftaran April 2011 sudah ada 19.920 pendaftar yang akan mengikuti tes seleksi di bulan Juni nanti. Jumlah itu hampir menyamai pendaftaran tahun lalu sebanyak 20.000 orang. "Jawa Tengah masih menempati jumlah terbesar calon peserta tes seleksi bahasa Korea atau Korean Profeciency Test (KPT)," ujarnya.

Menurutnya, pendaftaran perekrutan calon TKI Korea akan dilaksanakan pada 25-29 Mei 2011 di lima kota provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta melalui kantor BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI--unit teknis di bawah BNP2TKI yang ada di daerah).

"Sedangkan Jawa Timur, pendaftarannya di kantor UPTD TKI (Unit Pelaksana Teknis Daerah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama BNP2TKI," kata Haposan.

Haposan mengatakan, tes penerimaan bagi calon TKI ke Korea Selatan dilakukan pada 25-26 Juni 2011 juga di lima wilayah provinsi penerima pendaftaran calon TKI Korea. "Tes itu berupa pengetahuan bahasa Korea yang harus dimiliki oleh para peserta atau pendaftar calon TKI Korea,"  ujarnya.

Sementara itu, data BNP2TKI mencatat, penempatan TKI ke Korea tahun 2006 --sebelum kehadiran BNP2TKI-- berjumlah 1.274 orang. Kemudian setelah BNP2TKI berdiri, penempatan TKI ke Korea mencapai 4.303 orang.

"Pada 2008 penempatan TKI Korea meningkat tajam. Bahkan, melebihi kuota 8.000 yang disediakan pemerintah Korea, yakni dengan 11.885 penempatan TKI oleh BNP2TKI," ujar Haposan.

Setelah itu, dia melanjutkan, pada 2009 jumlah penempatannya menurun menjadi 2.024 orang akibat negeri ginseng tersebut terkena imbas krisis keuangan global. Pada 2010 saat mulai pulih krisis ekonomi global, Korea menerima sebanyak 3.962 TKI, dan pada 2011 permintaan Korea terhadap TKI ditingkatkan lagi menjadi 8.300 orang.

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok
Ilustrasi bunuh diri.

Selebgram Meli Joker Sayat Tubuh dengan Cutter Sebelum Gantung Diri?

Sebelumnya diberitakan, Selebgram Meli Joker atau yang memiliki nama asli Fitri Meliana sempat bertengkar dengan kekasihnya sebelum tewas bunuh diri.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024