Riset: Ibu Bayi Kembar Lebih Panjang Umur

Bayi kembar
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Wanita yang melahirkan dua bayi sekaligus berkaitan dengan harapan hidup lebih panjang. Terlepas harus melakukan pekerjaan dua kali lipat seperti mengganti dua popok sekaligus, ibu bayi kembar cenderung memiliki fisik lebih kuat

"Melahirkan bayi kembar mengindikasikan bahwa wanita itu memiliki fisik luar biasa. (Hasil) ini di luar perkiraan kami," ujar Shannen Robson, peneliti dari University of Utah seperti dikutip dari LiveScience.

Studi yang dimuat dalam Jurnal Proceedings of the Royal Society hanya berlaku pada wanita yang memiliki bayi kembar secara alamiah. Tidak berlaku pada ibu bayi kembar dengan program bayi tabung (IVF).

Kejadian bayi kembar, menurut studi, bukanlah sebuah kebetulan reproduksi. Kelahiran kembar merupakan adaptasi evolusi, di mana ibu sehat berkesempatan mewariskan gen ganda sekaligus.

Kembar identik terjadi saat satu embrio membelah menjadi dua. Kembar fraternal terjadi saat dua telur dibuahi dua sperma dan berkembang dalam waktu bersamaan.

Jumlah kelahiran kembar terjadi sebanyak enam dari setiap 1.000 kelahiran di Asia, 10-20 dari setiap 1.000 kelahiran di Amerika Serikat dan Eropa, dan 40 dari setiap 1.000 kelahiran di Afrika.

Riset membandingkan database 58.786 wanita di Utah, Amerika Serikat. Sebanyak 4.603 wanita memiliki minimal sepasang anak kembar. Para peneliti membandingkan ibu anak kembar dengan ibu dengan satu anak untuk mencari perbedaan masa hidup, jumlah anak, waktu antara kehamilan dan panjang kesuburan, serta tindakan kesehatan yang mereka peroleh.

Hasilnya, para ibu dengan anak kembar memiliki kekuatan ganda dibanding para ibu anak tak kembar. Mereka cenderung hidup lebih lama, periode reproduksi lebih panjang, dan memiliki jarak kehamilan yang lebih cepat serta cenderung memiliki anak lebih banyak. 

Alasan lain, wanita yang memiliki anak kembar cenderung memiliki pengalaman menyenangkan bersama anak-anak mereka ketimbang wanita dengan anak tunggal. (pie)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024