Mahfud Yakinkan Adanya Suap Hakim

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Di hari ulang tahun yang ke-54, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD curhat tentang kerisauan hatinya terhadap institusi yang dia pimpin. Salah satu yang merisaukan Mahfud adalah suap hakim.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Dia tidak menampik adanya praktik suap di kalangan hakim ini. "Sudah pasti ada. Tapi selama kami bersembilan menjabat di sini, hal itu saya cegah dan tidak pernah ada," kata Mahfud di gedung MK, Jumat, 13 Mei 2011.

Selama ini, dia mengakui tidak ada mekanisme pengawasan terhadap MK. "Nanti hakim-hakim bisa masuk dari pintu-pintu yang tidak benar itu," ujarnya.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Selain itu, Mahfud juga risau dengan banyaknya praktik jual beli jabatan. Praktek ini, kata dia, bisa saja menimpa MK. "Saya khawatir setelah periode saya ini MK bisa rusak karena diperjualbelikan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga risau dengan sistem seleksi hakim MK mendatang mengingat unsur politik tidak bisa lepas dari prosesnya.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Seperti diketahui, sembilan hakim MK merupakan perwakilan dari pilihan DPR, presiden, dan Mahkamah Agung. Mahfud berharap supaya MK terus dikontrol agar transparan dan independensi. (umi)

Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024