Berkencan, Bobot Bisa Tambah 7 Kg

Kencan Pria
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Jalinan hubungan romantis bermanfaat bagi kesehatan mental dan kebahagiaan. Namun seringkali hubungan asmara menjadi salah satu faktor penyebab tubuh menjadi kian melar.

Menurut studi komunitas obesitas, wanita yang berkencan rata-rata menambah berat badan sebanyak tujuh kilogram dalam lima tahun. Mereka yang hidup dalam pernikahan bahagia cenderung akan bertambah beratnya delapan kilogram dalam 10 tahun. Dan pasangan baru menikah akan bertambah satu kilogram dalam beberapa bulan. "Perubahan pola makan saat bersama mempengaruhi bobot tubuh," ujar Lauren Antonucci, Direktur Pusat Nutrisi New York.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Hal ini karena wanita tidak membutuhkan energi sebanyak pria. Sehingga, wanita cenderung gemuk lebih cepat saat berada dalam hubungan romantis.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar tubuh tak jadi melar karena faktor di atas, seperti dilansir Shape.

Makan lebih lambat

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Saat berkencan, banyak pasangan menghabiskan waktu dengan makan dan minum. Sebaiknya mulailah makan setelah pasangan makan. Saat hidangan tiba, ceritakan sesuatu agar ia mulai makan. Dengan demikian, pasangan akan makan lebih dulu dan Anda akan cenderung untuk tidak buru-buru menghabiskan hidangan di piring Anda sendiri.

Makanan pembuka mengenyangkan

Pilih makanan pembuka rendah kalori, seperti tartare tuna yang cukup mengisi perut hingga hidangan utama tiba.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Tetapkan batasan menu

Anda akan cenderung makan lebih banyak bila bersama pasangan. Jadi, tetapkan batas. Lebih baik pesan minuman dalam gelas daripada botol. Jika si dia memesan secangkir es krim setelah makan, sebaiknya pesanlah secangkir teh atau kopi.

Kencan 'berkeringat'

Bertemulah dalam suasana berbeda seperti olahraga. "Waktu untuk berolahraga akan membuat kalian lebih dekat sekaligus merasa lebih baik dengan tubuh sendiri." ungkap Antonucci.

Kencan ringan

Kencan tidak berarti kalian harus terus berada di sekitar makanan. Sesekali, berkencanlah di taman dan piknik dengan cemilan ringan. Itu lebih menyenangkan.

Batasi cemilan di dapur Anda

Hindarkan menyimpan makanan berkalori tinggi yang dapat dijangkau dengan mudah. Simpan keripik, kue, dan permen di lemari yang sulit ia raih. Sebagai gantinya sediakan cemilan sehat yang bisa diraih setiap saat seperti yogurt dan buah-buahan.

Cari pendukung

Bila kekasih tak mendukung rencana diet, carilah dua orang yang mendukung niat Anda. Rekan kerja yang dapat berbagi makanan sehat dapat mengalihkan perhatian dari es krim dan makanan berkalori tinggi lain. Gaya hidup sehat Anda dan orang di sekitar Anda akan menyebar ke sekeliling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya