Ditemukan, Gen Pemicu Obesitas

Wanita Gemuk
Sumber :
  • doc.Corbis

VIVAnews - Satu dari 10 orang dewasa di seluruh dunia atau sekitar setengah miliar orang dewasa menderita obesitas. Angka ini terus berlipat sejak tahun 1980-an. Selain gaya hidup tidak sehat, obesitas juga terjadi akibat faktor genetik.

Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah tim peneliti mengklaim telah menemukan gen penyebab obesitas. Gen tersebut mengontrol gen lain yang ada pada sel-sel lemak tubuh.

Gen yang disebut KLF14 itu sangat terkait dengan dua tipe diabetes dan kadar kolesterol dalam tubuh. Hanya, tim belum mengetahui apa peran yang dimainkan oleh gen ini secara detail.

Meski demikian, tim yakin temuan itu akan membantu pengobatan berbagai penyakit yang berhubungan dengan obesitas seperti penyakit jantung dan diabetes.

Tim peneliti mendapat hasil itu berdasar hasil analisis terhadap 20 ribu gen dalam sampel lemak yang diambil dari bawah kulit 800 wanita.

Dari penelitian tersebut juga didapat bahwa gen KLF14 mengontrol gen yang berada jaringan lemak tersebut. Temuan ini telah dibuktikan juga pada penelitian lain yang melibatkan 600 sampel lemak orang Islandia.

"KLF14 tampaknya untuk bertindak mengendalikan proses yang berhubungan dengan perubahan perilaku lemak terhadap gangguan di otot dan hati yang berkontribusi memicu diabetes dan kondisi lainnya," ujar Mark
McCarthy, salah satu peneliti dari Universitas Oxford.

Penelitian yang diterbitkan pada Journal Nature Genetics ini mengungkapkan bahwa lemak berperan penting dalam kekebalan tubuh terhadap penyakit metabolik seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, pengaturan kadar kolesterol, kadar insulin dan glukosa. Ini memungkinkan penemuan obat untuk mengatur gen agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

"Ini adalah studi besar pertama yang menunjukkan seberapa kecil perubahan dalam satu gen regulator dapat berpengaruh terhadap efek metabolik lainnya pada gen lain," ucap Tim Spector, pemimpin penelitian dari King's College London.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia
Pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Pasangan Prabowo-Gibran bakal memimpin Indonesia periode 2024-2029 setelah MK menolak seluruh permohonan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024