Emir Moeis Akui Terima Cek dari Panda Nababan

Dua politisi PDIP Panda Nababan & Emir Moeis usai bersaksi di Pengadilan
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Meski pernah mengatakan menolak pemberian cek perjalanan yang diberikan oleh Dudhie Makmun Murod, Izederik Emir Moeis akhirya mengakui kalau ia juga menerima sejumlah cek perjalanan. Menurut Emir, cek tersebut diterimanya dari Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Panda Nababan.

"Dari fraksi, dari Pak Panda, Rp200 juta. Katanya untuk konstituen," kata Emir Moeis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 18 Mei 2011. Emir tengah bersaksi untuk terdakwa Panda Nababan.

Ketua Komisi XI DPR ini mengatakan bahwa pada awalnya dia sempat menolak ketika bendahara Fraksi PDI Perjuangan, Duhdie Makmun Murod memberikan cek perjalanan kepadanya. Ini dilakukannya dengan alasan memilih Miranda Goeltom lantaran profesionalismenya dan karena Miranda juga telah berkomitmen menandatangani surat pernyataan dari beberapa LSM dan NGO untuk tidak terlibat money politik atau suap.
 
"Saya menolak dari Dudhie. Langsung saya serahkan ke fraksi," ujarnya.

Emir melanjutkan, beberapa hari setelahnya, dia kembali menerima cek tersebut dari sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Panda Nababan sebesar Rp200 juta. Politisi senior PDI Perjuangan itu mengaku memerintahkan asisten pribadinya bernama Sapto untuk mencairkan cek tersebut.

"Uang itu untuk daerah pemilihan saya di Kalimantan seperti dipakai bayar utang sewa pesawat terbang, semenisasi jalan dan pembuatan gorong-gorong di Kabupaten Penajam," ujarnya.

Emir juga mengakui uang sebesar Rp200 juta itu sendiri saat ini telah dikembalikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengembalian uang tersebut bukan atas namanya pribadi tetapi atas nama fraksi.

Sementara itu saat diberikan kesempatan majelis hakim mengenai tanggapan terdakwa, Panda Nababan langsung membantah pernyataan koleganya itu. Panda menegaskan dia tidak memberikan cek kepada Emir.

"Saya terkaget-kaget yang mulia, saya tidak pernah menerima dan menyerahkan travel check. Tidak benar saya menerima dan menyerahkan," ujar Panda.

Meski begitu saat ditanya majelis hakim terkait pernyataan terdakwa Emir Moeis tetap bersikukuh pada keterangannya semula. "Saya tetap yang mulia," terang Emir. (eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024