Hatta: Pengguna Pertamax Jangan ke Premium

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa meminta kepada pengguna bahan bakar minyak jenis Pertamax agar tak pindah ke Premium. Sebab hingga hari ini, pemerintah belum membicarakan kenaikan harga BBM, seperti santer terdengar. Ia menjamin kenaikan harga BBM tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. 

"Kita belum sampai pada pembicaraan apakah akan menaikkan harga BBM atau tidak. Sama sekali belum ada pembicaraan itu," kata Hatta usai membuka Working Level Task Force Meeting antara Indonesia dan Korea Selatan, di Hotel Wetin, Nusa Dua, Bali, Rabu 18 Mei 2011.

Kendati begitu, ia tak menampik subsidi bahan bakar telah membebani negara, terlebih ketika harga minyak melonjak tinggi, maka beban negara bertambah berat. “Karena sebagian besar BBM kita impor," katanya. "Tetapi dengan penguatan rupiah, sedikit mengurangi beban itu.”

Ia mengajak agar masyarakat menghemat BBM bersubsidi. Bila tidak, bisa saja kuota Premium melonjak melampaui kuota. "Kalau kuota Premium berlebih, pasti subsidi membengkak," katanya.

Hatta meminta agar subsidi BBM juga dapat tepat sasaran. Selain itu, ia menilai, dana subsidi BBM dapat dialihkan bagi pembangunan ekonomi nasional, utamaya untuk pengembangan infrastruktur.

"Tetapi semua itu kita jangan melihat untung rugi, tetapi bagaimana kita bisa memberikan subsidi itu tepat sasaran," katanya. (Laporan: Bobby Andalan, Bali, umi)

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024