Jakarta Fashion and Food Festival 2011

FOTO: Eksotis Berbalut Kain Nusantara

Busana karya Carmanita dalam Jakarta Fashion and Food Festival 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Febry Abbdinnah

VIVAnews - Kain merupakan salah satu bentuk representasi budaya dari suatu daerah. Dengan berbagai keunikannya, eksotika kain nusantara membasuh mata pengunjung Jakarta Fashion and Food Festival 2011 yang digelar di Ballroom Hotel Harris Kelapa Gading, 16 Mei 2011.

Mengusung tema etnik, lima desainer yang tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), Thomas Sigar, Denny Wirawan, Ari Seputra, Era Soekamto, dan Carmanita, memamerkan keberagaman kain nusantara dalam rancangannya yang elok.

Tengok saja karya Ari Seputra yang terinspirasi kain tekstil dan tradisi pulau Jawa. Dengan kemampuannya, bahan tradisional batik dan tenun terlihat modern seperti gaya draperi, dan kimono pendek.

Lain lagi dengan rancangan Carmanita. Dengan menggunakan perpaduan kain Makasar dan India, rancangannya terlihat sangat unik. Apalagi, Carmanita tidak terlalu memerhatikan siluet tubuh wanita karena terlihat banyak efek kerut yang ditampilkan sehingga rancangannya terlihat playful, chic, dan unik.

Berbeda dari empat desainer lainnya yang sangat menonjolkan warna pada kain. Era Soekamto hadir dengan rancangan yang di dominasi dengan warna putih, pastel, dan pink. Ia mencoba menampilkan romantisme pada
setiap rancangannya.

Menggunakan tenun badui dengan teknik gedogan dan tenun atbm garut dengan motif geometris, Era Soekamto menampilkan rancangan dengan siluet puff skirt, bell skirt, drappery skirt, garibaldi shirt, dan dilengkapi dengan renda.

Sedangkan Thomas Sigar dan Denny Wirawan mencoba mempertahankan nilai etnik kain dengan desain yang sederhana, elegan, dan feminin. Penasaran dengan rancangan mereka? Lihat fotonya di sini.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024