Lifting Minyak Masih Jauh dari Target

Kilang Minyak
Sumber :
  • AP Photo/Seth Perlman

VIVAnews - Realisasi produksi minyak siap jual atau lifting hingga April 2011 baru mencapai 868,9 ribu barel per hari. Angka ini masih jauh dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar 970 ribu barel per hari. Realisasi ini juga lebih rendah 7,7 persen dibandingkan lifting April 2010 yang mencapai 960,4 ribu barel per hari.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro mengungkapkan realisasi lifting rata-rata Januari sampai April 2011 itu mencapai 868,9 ribu barel. Sedangkan rata-rata Desember-April mencapai 886,1 ribu barel. "Belum mencapai 970 ribu barel per hari," kata Bambang di Jakarta, Kamis 19 Mei 2011.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, kendala yang dihadapi adalah penurunan produksi secara natural. Kondisi ini disebabkan lapangan minyak yang tua. Sumur-sumur tua ini, menurut dia, produktivitasnya sudah tidak optimal.

Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengatakan, untuk mendorong lifting, Kementerian Keuangan memberikan insentif, utamanya bagi eksplorasi-eksplorasi baru dan eksplorasi geothermal. "Kita tidak boleh mengandalkan dari energi fosil saja, karena tidak cukup memenuhi seluruh kebutuhan energi di Indonesia," kata Anny. (sj)

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia
Kapal hantu

10 Kapal Hantu yang Masih Menghantui Lautan Hingga Saat Ini

Kapal hantu mengacu pada kapal yang ditemukan terapung di laut tanpa ada awak di dalamnya. Kapal-kapal ini sering kali menimbulkan konotasi yang menakutkan atau misterius

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024