Kasus M Nazaruddin

Mahfud: SBY yang Minta Saya Beberkan

SBY dan Mahfud MD
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyatakan dugaan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin melakukan penyuapan memang terjadi tujuh bulan silam. Selama tujuh bulan itu, Mahfud memilih bungkam karena tak ingin ikut campur urusan Partai Demokrat.

"Saya menutup kasus itu dan tidak bicara kepada siapapun selama 7 bulan karena saya tidak ingin ikut campur urusan Partai Demokrat," ujar Mahfud di Gedung MK, Senin, 23 Mei 2011.

Namun, sikap Mahfud itu berubah ketika Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memintanya membuka itu agar terjadi transparansi. SBY, kata Mahfud, ingin mengambil tindakan atas kasus ini.

"Kata SBY, 'Pak Mahfud, umumkanlah kepada masyarakat biar kita tidak dianggap menyembunyikan apa yang terjadi. Jangan ada yang disembunyikan karena Pak Mahfud yang punya faktanya. Silakan umumkan'," kata  Mahfud menirukan ucapan SBY.

Dan Mahfud pun mengumumkan itu secara terbuka pada Jumat lalu. "Saya lapor sudah dari bulan November dan Pak SBY mengakui dan saya disuruh mengumumkan itu. Terserah SBY saja. Saya sebagai teman bersedia ketika beliau minta, tapi ternyata persepsi masyarakat berbeda," kata mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Dengan alibi itu, Mahfud membantah tuduhan telah memanfaatkan momentum di mana Nazaruddin sedang dipojokkan dengan sejumlah kasus. "Ah itu terserah saja. Saya tidak mencuri momentum. Ada yang bilang saya memanfaatkan situasi, ada yang bilang dimanfaatkan. Saya tidak peduli dimanfaatkan atau memanfaatkan karena saya tidak mempunyai kepentingan apapun," kata Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia itu. (eh)

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024