Mahfud Datangi KPK, Lapor Amplop Nazaruddin

Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD rencananya sore ini akan menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi. Kedatangan Mahfud dalam rangka melaporkan kasus amplop politisi Demokrrat Muhammad Nazaruddin ke Sekjen MK, Janedjri M Gaffar.

"Ya, terkait (pemberian) Nazaruddin," Kata Busyro dalam pesan singkatnya di Jakarta, 24 Mei 2011.

Namun saat dikonfirmasi, Mahfud enggan menjelaskan perihal kedatangannya ke KPK. Dia mengaku sudah menutup kasus yang terkait dengan Nazaruddin. "Nggak ada apa-apa cuma jalan-jalan aja, kalau soal Nazaruddin saya sudah tutup. Saya berhenti ngomongin itu," Kata Mahfud saat dihubungi sesaat sebelum tiba di KPK.

Meski begitu Mahfud bersedia menjelaskan jika KPK membutuhkan informasi terkait suap yang ada di lembaga yang dipimpinnya. "Kalau soal hukum itu urusan lain bukan urusan MK. Kalau KPK membutuhkan saya siap,"

Mahfud tiba di KPK sekitar pukul 15.00 WIB dengan mengenakan batik coklat, dia hanya tersenyum saat ditanya perihal kedatangannya dan memilih masuk ke dalam kantor KPK.

Pekan lalu, Mahfud MD melapor ke SBY mengenai tindakan Nazaruddin yang memberikan Sin$120 ribu ke Janedjri. Nazaruddin, kata Mahfud, memberikan uang tersebut kepada Janedjri, kurang lebih tahun lalu.

Menurut pengakuan Djanedjri, Nazaruddin memberikan uang berjumlah 120 dolar Singapura itu sebagai tanda persahabatan. Dia sendiri mengaku tidak tahu menahu tujuan pemberian uang tersebut, sebab Nazaruddin sedang tidak berperkara di MK.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Nazaruddin sudah membantah memberikan uang ke MK. "Satu sen pun saya tidak pernah memberikan uang ke MK," kata Nazaruddin.

Nama Nazaruddin juga disebut terlibat oleh Kamaruddin Simanjuntak. Bekas pengacara tersangka Mindo Rosalina Manulang itu menyatakan Rosa bertindak atas perintah Nazaruddin. Nazaruddin sudah membantah terlibat dalam kasus ini. Dia juga menyatakan Rosa bukanlah anak buahnya.

Kasus suap wisma atlet ini sudah menjerat tiga tersangka. Mereka adalah Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharram, Mindo Rosalina Manulang, dan Manajer Marketing PT Duta Graha Indah Muhammad El Idris. (umi)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024