Mengapa Bank Mega Menyediakan Escrow Account?

Bank Mega, Grup Para
Sumber :
  • grup para

VIVAnews- Bank Indonesia akhirnya menjatuhkan sanksi terhadap Bank Mega. BI juga meminta Bank Mega menyediakan escrow account senilai dana Elnusa Rp111 miliar dan dan Pemkab Batubara senilai Rp80 miliar. "Dananya sekitar Rp191 miliar," kata Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah kepada VIVAnews.com

Seperti diketahui BI telah menjatuhkan dua sanksi kepada Bank Mega yaitu dilarang membuka cabang baru dan menghentikan penambahan nasabah Deposit on Call (DoC) baru dan perpanjangan DoC lama. BI juga memberikan beberapa instruksi seperti membentuk escrow account senilai dana Elnusa dan Pemkab Batubara. Pencairan escrow account tersebut hanya dapat dilakukan dengan persetujuan Bank Indonesia. "Rekening itu diblokir dan dalam pengawasan BI, tidak boleh diapa-apakan sampai masalahnya selesai," ujar Difi.

Mengapa cara itu ditempuh BI?

Difi menjelaskan bahwa bank harus bertanggung jawab terhadap dana nasabah yang dikelolanya. Jika kejahatan dilakukan oleh oknum pegawai, tetap saja bank harus bertanggung jawab terhadap dana nasabah.
"Hal itu untuk memberikan rasa aman bagi nasabah. Bank harus bertanggung jawab terhadap dana nasabah," ujar Difi.

Pembentukan escrow account dikarenakan dalam kasus Bank Mega masih bersengketa dan kasusnya tengah ditangani pihak kepolisian. "Dana itu bisa diselesaikan atas keputusan pengadilan atau penyelesaian di luar pengadilan" tambahnya.

Kejadian ini juga diharapkan memberikan pelajaran kepada bank lain agar berhati-hati menjaga dana nasabah. Bank juga harus bertanggungjawab terhadap dana nasabah.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Bank Mega sendiri menyatakan menghormati sanksi yang dijatuhkan BI. Keterangan Bank Mega dapat dilihat di tautan ini.

Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Aktor sekaligus caleg Verrell Bramasta menilai, bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin negara yang bisa mewujudkan harapan dari kalangan muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024