Menhub Masih Melarang Merpati Terbang di Sini

MA60
Sumber :
  • jetphotos.net

VIVAnews - Kementerian Perhubungan belum mencabut sanksi kepada PT Merpati Nusantara Airline sebelum enam instruksi dilaksanakan oleh Merpati. "Kami akan terus mengevaluasi, kalau instruksinya dilaksanakan, baru kami akan mengevaluasi lagi," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Herry Bhakti kepada VIVAnews.com, Rabu, 25 Mei 2011.

Kemenhub memberikan sanksi kepada Merpati karena terjadinya kesalahan pelaksanaan standar operasi dan prosedur (SOP). Sanksi tersebut berupa larangan pengoperasioan di tiga wilayah Indonesia. Tiga wilayah itu adalah Ruteng-NTT, Ende-NTT, dan Waingapu-NTT

Kemenhub sendiri tidak mempersoalkan pesawat yang dimiliki oleh Merpati. Namun, yang menjadi sorotan adalah pengoperasinya.

"Di wilayah sana membutuhkan tingkat safety yang tinggi serta membutuhkan tingkat keahlian pilot yang tinggi pula," terangnya.

Sebelumnya, hasil dari special safety audit, terdapat enam instruksi yang harus dilaksanakan Merpati Nusantara Airlines, antara lain:

a. Diinstruksikan kepada PT MNA agar mengevaluasi kembali program pelatihan pilot (pilot training program) karena pilot MA-60 berasal dari berbagai crew qualification dan type rating (F-27, F 100, CASA 212, CN 235, Boeing 737, dan pilot yang baru lulus pendidikan). Salah satunya adalah perlu adanya transition training yang cukup kepada pilot dari pesawat jet ke pesawat propeller.

b. Menindaklanjuti hasil Line Operation Safety Assurance (LOSA), internal audit, dan safety audit & surveillance dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

c. Segera mengadakan peralatan pendukung flight operation quality assurance (FOQA) dan continuous flight following system untuk memonitor pengoperasian pesawat.

d. Meningkatkan pengawasan agar pilot tetap berpegang teguh/disiplin pada SOP visual flight rule (VFR) dan melaksanakan re-training yang menyangkut ALAR, CFIT, Stabilized Approach, serta memberikan sanksi tegas kepada pilot yang melanggar SOP.

e. Memiliki simulator yang sesuai dengan pengoperasian pesawat MA-60 di Indonesia, apabila simulator tersebut belum tersedia maka simulator yang digunakan untuk training di Xian Aircraft Company-China agar dilengkapi dengan airport database yang diterbangi oleh pesawat MA-60 di Indonesia.

f. Tidak mengoperasikan pesawat MA-60 pada bandar udara yang memiliki obstacle yang tinggi dan yang memerlukan high manuver seperti bandar udara Ruteng-NTT, Ende-NTT, dan Waingapu-NTT sampai hasil evaluasi yang mendetail menunjukan bahwa bandara tersebut aman untuk diterbangi pesawat MA-60.


Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China
Pendeta Gilbert Lumoindong

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

Pendeta Gilbert sebelumnya sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024